175 Siswa SMAN 1 Mendobarat Ikuti Scout Agrowisata

by
Siswa SMAN 1 Mendobarat, Kabupaten Bangka ikuti Scot agrowisata

MENDOBARAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Sejumlah siswa SMAN 1 Mendo Barat, Kabupaten Bangka yang terhimpun dalam organisasi Pramuka melakukan kegiatan pembelajaran dan pemahaman tentang akan pentingnya kepedulian terhadap alam.

Kegiatan bertajuk Scout Agrowisata ini berlangsung selama 3 hari (13-15 November 2020) di SMAN 1 Mendo Barat dan sebanyak 175 peserta yang ikut menyemarakkan kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMA Negeri 1 Mendo Barat, Drs Muh.Bambang mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi alam saat ini.

“Kondisi alam saat ini cukup memperihatinkan dengan maraknya kerusakan. Dengan adanya kegiatan ini saya berharap semangat generasi muda untuk mengupayakan pelestarian lingkungan makin tinggi serta rasa peduli terhadap lingkungan menjadi sarana untuk mengingat akan pentingnya rasa cinta terhadap alam,” katanya.

Selain itu, Kegiatan Scout agrowisata ini untuk melatih anggota Pramuka Penggalang Gudep SMAN 1 Mendo Barat agar lebih mengenal, mencintai dan berupaya melestarikan alam sekitar.

“Jadi bentuk nyata kegiatan ini adalah pemanfaatan lahan tidur diarea sekolah, dengan penanaman tanaman holikurtura yg nantinya diharapkan menjadi kawasan agrowisata,” ujar Muh. Bambang.

Begitu pula, Muhammad Sastrawan, Ketua Pelaksana Scout Agrowisata menyampaikan bahwa berbagai materi bertemakan lingkungan diberikan pada kegiatan tersebut .

“Kegiatan Scout Agrowisata ini berlangsung selama 3 hari dan diikuti 175 peserta. Berbagai kegiatan bertemakan lingkungan dilakukan. Kami mengolah lahan kosong di sekolah agar lebih bermanfaat, mulai dari membersihkan lahan dan menanamnya dengan tanaman buah,” katanya.

Selain itu, peserta dibekali dengan berbagai materi lingkungan serta ditutup dengan outbound (happy fun). Karena tanaman yang kami tanam nanti diharapkan bisa menjadi kebun buah.

“Sehingga bernilai lebih untuk sekolah bila ada yang berkunjung. Jenis tanaman buah yang ditanam antara lain Alpokat, rambutan, jambu, matoa, kelapa dan sawo. Peserta Scout Agrowisata ini diharapkan menjadi agen perubahan lingkungan serta menjadi pelopor bagi masyarakat untuk terus peduli terhadap lingkungan,” ujar Sastrawan.

Sementara itu, salah seorang peserta dari SMAN 1 Mendobarat, Firda mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini serta mendapat pengalaman baru.

” Mengikuti Scout Agrowisata ini banyak memberikan pengalaman bagi kami. Kegiatan seperti ini bisa mengembangkan kepedulian kami selaku siswa untuk mencintai alam. Saya sangat senang bisa ikut sebagai peserta dan berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan lagi” ujar Siswi Kelas 10 MIPA 2 ini.

Menyesuaikan dengan kondisi Pandemi, kali ini peserta tidak berkemah dilokasi. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutuskan penyebaran Covid19. (Ril/Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *