Wakil Rektor I UBB: Tenang, Masih Terbuka Peluang Masuk UBB

by

MERAWANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, resmi diumumkan Senin (14/06) pukul 15.00 WIB. 

Pengumuman SBMPTN 2021 dapat diakses di link utama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau di website masing-masing perguruan tinggi.Universitas Bangka Belitung (UBB) sendiri, dari jalur SBMPTN tahun ini, menerima sebanyak 738 mahasiswa baru. 

Adapun Prodi dengan jumlah kuota penerimaan paling banyak di UBB adalah prodi Ilmu Hukum dengan total 78 mahasiswa. 

“Bagi para peserta SBMPTN yang lolos seleksi masuk UBB tahun ini, saya ucapkan selamat, dan jangan lupa untuk betul-betul memerhatikan ketentuan tahap verifikasinya. Untuk mereka yang belum lolos, tenang, peluang untuk masuk ke UBB masih besar melalui jalur mandiri atau SMMPTN-Barat,” ungkap Nizwan Zukhri, Wakil Rektor I, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Segala info mengenai syarat, ketentuan dan tanggal penting dari tahap verifikasi SBMPTN ini dapat diakses melalui link http://ubb.ac.id/2021/06/14/pengumuman-kelulusan-sbmptn-ubb-2021. 

Sementara info mengenai SMMPTN atau penerimaan jalur mandiri UBB sebagaimana yang disinggung oleh Pak Wakil Rektor, Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M pada kutipan di atas, dapat diakses melalui https://smmptnbarat.id/ atau kunjungi website UBB, www.ubb.ac.id. 

“Calon mahasiswa yang tidak menyelesaikan pengisian biodata dan dokumen yang disyaratkan pada tahap verifikasi sampai batas waktu yang ditentukan, yakni dari tanggal 17 Juni-30 Juni 2021, dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UBB,” tambah Nizwan Zukhri. 

UBB Masih akan Menerima 324 Mahasiswa Baru kepada para calon mahasiswa yang belum lolos seleksi SBMPTN, masih memiliki peluang untuk kuliah di kampus perabadan, UBB, melalui jalur mandiri atau SMMPTN-Barat 2021. 

Pada jalur mandiri ini, UBB akan menerima 324 mahasiswa baru dengan perincian daya tampung per prodi sebagai berikut: Agribisnis 19; Agroteknologi 15; Akuakultur 16; Biologi 10; Fisika 10; Ilmu Kelautan 10; Kimia 10; Manajemen Sumber Daya Perairan 10; Matematika 12; Teknik Elektro 13; Teknik Mesin 5; Teknik Pertambangan 12; Teknik Sipil 14; Akuntansi 35; Ilmu Ekonomi 12; Ilmu Hukum 45; Ilmu Politik 14; Manajemen 30; Sastra Inggris 14; dan Sosiologi 18.

“Bagi yang belum lolos di SBMPTN sore ini, jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan ketiga untuk menjadi mahasiswa UBB. Masih tersisa waktu kurang lebih satu minggu untuk mendaftar jalur mandiri UBB,” ujar Hesty, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UBB.

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) atau yang lebih dikenal dengan Jalur Mandiri UBB ini, telah dibuka dari hampir sebulan yang lalu, dan ditutup tanggal 21 Juni mendatang. Dari hari ke hari, menurut pantau humas UBB, pendaftar selalu bertambah. Sehingga bagi para calon mahasiswa, ada baiknya segera menentukan pilihan prodi dan ikuti proses pendaftaran online sesuai ketentuan yang ada.

“Untuk antisipasi kendala teknis jaringan dan melemahnya server pada saat proses pendaftaran online, saya sarankan para calon mahasiswa untuk daftar sesegera mungkin. Jangan menumpuk di hari-hari terakhir pendaftaran. Karena biasanya, dengan pola begitu, para pendaftar  akan mengalami kendala teknis yang saya maksudkan tadi,” ungkap Nizwan Zukhri kepada tim humas UBB.

“Kemudian, perhatikan betul-betul ketentuan dari penerimaan jalur mandiri ini di Website dan Instagram UBB atau di Website Official SMMPTN-Barat 2021. Misalnya soal ketentuan lokasi tes atau UTBK. Kalau SBMPTN kan calon mahasiswa yang dari Belitung, dibolehkan untuk tes di Belitung, tapi kalau jalur mandiri ini, hal tersebut tidak berlaku, karena pusat tes SMMPTN-Barat untuk wilayah Bangka Belitung, hanya di Kampus Terpadu UBB,” tambah Nizwan Zukhri.

Terkait penerimaan mahasiswa jalur mendiri ini, dalam waktu dekat tim humas UBB akan membagikan info mengenai trik dan tips tembus UBB. Tips dan trik tersebut akan disampaikan dalam format artikel populer, yang akan dishare via Instagram, Facebook dan Website UBB. (Hz/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *