Wabup Bangka Buka Workshop Aparatur Desa Se- Kabupaten Bangka, Ini Harapannya

by
Foto bersama sebelum kegiatan workshop aparatur Desa dimulai berlangsung di ballroom Aurora Tanjung Pesona Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (15/09)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP membuka secara resmi kegiatan workshop bagi aparatur Desa Se-Kabupaten Bangka berlangsung di Ballroom Aurora Tanjung Pesona Beach Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (15/09).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP mengatakan aparatur dari Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintah, kepentingan masyarakat setempat bedasarkan prakarsa masyarakat.

“Jadi Kepala Desa, BPD dan perangkat Desa memiliki tugas berat untuk menjalani roda Pemerintah Desa. Apalagi pihak Desa dituntut untuk mampu mengelolah anggaran Pemerintah Desa dengan baik dan transparan. Tujuannya untuk meningkatkan pembangunan pada Desa dan tentunya memudahkan pelayanan terhadap masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa,” katanya.

Dengan demikian, para aparatur Desa ini secara mutlak haruslah ditingkatkan melalui berbagai kegiatan pelatihan ataupun semacam bimbingan teknis lainnya, termasuk kegiatan workshop ini. Karena workshop ini membantu untuk meningkatkan kapasitas pada wawasan aparatur Desa.

“Jadi peningkatan kapasitas tersebut tentunya sangat berguna ,terutama untuk perencanaan pembagunan di Desa. Seperti penyusunan RPJMDesa, RKPDesa bahkan APBDesa dengan melewati serangkaian kegiatan musrembang dari tingkat Rt,Dusun maupun Desa. Sebagaimana yang diamanatkan pada Permendagri no 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan workshop bagi aparatur Desa ini diharapkan tiap Desa yang ada di Kabupaten Bangka ini dapat meningkatkan kapasitas dalam melaksanakan pembangunan di Desa. Serta dapat menambah dan meningkatkan ilmu pengetahuan, terutama dalam tata kelola pembangunan di Desa.

“Karena pengelolahan administrasi keuangan dan aset Desa juga dituntut untuk dilaksanakan secara transparan, tertib dan disiplin anggaran. Sehingga laporan penanggungjawaban keuangan, aset Desa serta evaluasi pelaksanaan pengelolahannya menjadi akuntabel sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No 6 tahun 2014 tentang Desa,” ujar Wabup Bangka, Syahbudin S.IP. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *