Upaya Polres Bangka Barat Dalam Percepatan Vaksinasi Covid-19

by

Bangka Barat, Demokrasibabel.com – Berbagai upaya yang dilakukan Polres Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung dalam menekan penyebaran wabah Covid-19 di wilayah itu, salah satunya dengan percepatan vaksinasi sehingga bisa tercipta herd immunity.

Namun upaya tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya vaksinasi baik bagi diri mereka sendiri maupun bagi orang lain. Hal ini lah yang menjadi tantangan bagi Polres Bangka Barat untuk meyakinkan masyarakat agar mau disuntik vaksin Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan Polres Bangka Barat agar dapat meyakinkan masyarakat di daerah itu agar mau disuntik vaksin, yaitu dengan melaksanakan giat “Natak Vaksin” ke rumah-rumah warga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi guna menekan penyebaran Covid-19 di daerah itu.

“Giat “Natak Vaksin” ini merupakan Program unggulan Polres Bangka Barat dalam rangka percepatan vaksinasi di Kabupaten Bangka Barat. Giat ini kami kami laksanakan secara door to door atau dengan mendatangi langsung rumah warga,” kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto.

Dalam kegiatan itu, pihaknya menyisir rumah warga yang diperoleh informasi dari jajaran ketua RT bahwa warga tersebut belum melaksanakan vaksinasi. Dalam giat vaksinasi tersebut tetap dilakukan edukasi kepada masyarakat yang akan divaksin.

“Dalam giat tersebut, anggota memberikan pemahaman kepada warga yang belum divaksin, bahwa vaksin ini aman dan sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penularan Covid-19,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Bangka Barat dengan program Giat Natak Vaksin ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk vaksin. Selain itu Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat Bangka Barat bagi yang belum vaksin agar segera untuk melakukan vaksin.

“Program yang dilakukan ini dengan memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya untuk vaksin merupakan salah satu upaya dari pencegahan penyebaran covid-19. Kegiatan Natak vaksin secara door to door yang dilakukan ini sangat membantu dalam upaya percepatan vaksin yang ada di Kabupaten Bangka Barat,” ujar Kapolres Bangka Barat.

Laksanakan Patroli Rutin

Selain dengan melakukan door to door dalam rangka percepatan vaksinasi tersebut, anggota Polres Bangka Barat juga melaksanakan patroli rutin guna menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan imbauan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19 di wilayah itu.

Dalam pelaksanaannya, personel memberikan teguran secara humanis kepada masyarakat, hal tersebut dilakukan untuk menyadarkan masyarakat bahwa Covid-19 masih ada dan sebagai upaya dalam mencegah penyebaran penyebaran virus tersebut.

“Dengan adanya teguran ini diharapkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, minimal memakai masker untuk kesehatan karena dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Selain memberikan imbauan kepada masyarakat, para personel Sat Sabhara Polres Bangka Barat memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnnya vaksinasi.

“Kami selalu rutin mengajak masyarakat yang belum divaksin agar mau divaksin, sehingga program percepatan vaksinsi di Bangka Barat bisa tercapai 100 persen dan bisa terbentuk herd immunity,” katanya.

Berikan Reward Vaksin Kepada Anggota

Sebagai bentuk terimakasih kepada personel, Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto memberikan Reward Vaksin kepada anggota Polres Bangka Barat yang mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksin.

Kapolres juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Polres Bangka Barat yang telah mengedukasi masyarakat agar melakukan vaksin, di mana Polres Bangka Barat fokus dalam percepatan vaksin. Selain itu, Dia mengimbau kepada masyarakat yang belum vaksin agar segera untuk melakukan vaksin, sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten Bangka Barat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada anggota yang mengajak masyarakat untuk segera vaksin dan saya juga mengimbau kepada masyarakat yang belum vaksin segera untuk melakukan vaksin,” ujarnya.

Dirinya mengimbau kepada personelnya untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi guna menekan penyebaran Covid-19 di daerah itu.

“Peran personel Polri dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sangatlah penting dalam percepatan vaksinasi, sekaligus sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Bangka Barat,” katanya.

Imbau Anggota Untuk Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebelum memberikan imbauan kepada masyarakat agar mau divaksin dan pentinya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswato terlebih dahulu menekankan kepada seluruh anggotanya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19 di wilayah itu.

“Virus Corona ini belum berakhir, untuk itu saya imbau kepada seluruh personel Polres Bangka Barat untuk tetap mematuhi anjuran protokol kesehatan seperti memakai masker, saling jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan hindari kerumunan,” katanya.

Ia berharap wabah Covid-19 ini segera berakhir dan seluruh anggota Polres Bangka Barat tidak ada lagi yang terkena virus tersebut. Dirinya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran atas pelaksanaan tugas selama ini.

“Peran seluruh personel selama ini sangat penting sekali dalam memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 di Bangka Barat dapat ditekan,” katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada para personel untuk terus mengajak dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

“Ayo terus ajak masyarakat untuk terus mengikuti vaksinasi sehingga capaian vaksinasi di Bangka Barat bisa tercapai 100 persen, sehingga wilayah Bangka Barat bisa terbentuk herd immunity dan aktivitas masyarakat bisa kembali berjalan normal,” katanya.(Try MH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.