Uji Coba Berhasil, Pemkab Bangka Panen Raya Bawang Merah

by
Pemkab Bangka panen bawang merah dikebun demplot Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Jumat (11/06)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berhasil memanen bawang merah di kebun demplot yang dikembangkan oleh Dinas Pangan dan Pertanian,Jumat (11/06).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengatakan panen raya bawang merah ini salah satu sektor pertanian yang berhasil dikembangkan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Pemkab Bangka. Dan panen ini juga merupakan salah satu contoh bahwa tanaman bawang merah di Kabupaten Bangka ini dapat berkembang dengan baik.

“Dimana tanaman bawang merah ini merupakan tanaman jangka pendek dan tidak memerlukan biaya budidaya yang terlalu besar,” ujarnya.

Selain itu, panen raya bawang merah ini salah satu ciri sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sehingga dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bangka ini bisa mengembangkan suatu kreatifitas yang dapat dilihat dan dinikmati masyarakat.

“Menanam bawang merah di wilayah Kabupaten Bangka ini ternyata berhasil dan bisa berkembang dengan baik. Kedepan diharapkan Dinas pertanian dapat membuat suatu program untuk meningkatkan sektor pertanian dan perkebunan, karena disektor itu akan memberikan kontribusi yang cukup besar, terutama terhadap penghasilan masyarakat setelah pasca tambang,” kata Bupati Bangka, Mulkan.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani mengatakan tempat yang ditanami bawang merah itu, sebelumnya masih semak-semak. Setelah itu kawan-kawan di dinas pun berinisiatif membuat demplot semacam percontohan ataupun uji coba pada tanaman bawang merah ini.

“Ditempat yang hanya luas 0,1 hektar inilah, kita membudidaya bawang merah. Dari demplot satu umbi bawang itu bisa mengembangkan 6 sampai 7 umbi bawang, artinya panen ini mencapai sekitar 500 kilogram (kg). Dan budidaya bawang merah ini hanya membutuhkan kurang lebih sekitar 6 bulan dan masa konsumsi 2 bulan,” kata Elius. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *