TMMD ke-110 Kodim 0431/Babar Resmi Dibuka, Danrem 045/Gaya Hadiri Upacara Pembukaan Hingga Tinjau ke Lokasi Kegiatan

by

BANGKA BARAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA 2021 Kodim 0431/Bangka Barat, resmi dibuka, Selasa (2/3).

Acara pembukaan kegiatan TMMD ke-110 Kodim 0431 tersebut dilaksanakan di Gedung Graha Aparatur Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Komandan Korem 045/Gaya, Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, S.I.P., M.Tr.(Han), Dandim 0431/Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa S. Sos, Bupati Bangka Barat Markus, Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansyah beserta pejabat Pemda lainnya. 

Danrem 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, S.I.P., M.Tr.(Han) mengatakan bahwa hari ini merupakan upacara pembukaan dari kegiatan TMMD ke 110 Kodim 0431/Babar.

Dan hari ini juga sekaligus penyerahan pekerjaan dari Bupati Bangka Barat, Markus kepada Dandim 0431/Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa S. Sos. 

Selain itu kata Danrem, hari ini juga dilaksanakan peninjauan ke lokasi pekerjaan TMMD ke 110 di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok. 

Dilokasi tersebut, Danrem menyampaikan bahwa masih banyak yang harus dikerjakan, namun untuk kegiatan pra TMMD telah menunjukkan hasil yang mengembirakan.

“Untuk Komandan Satgas TMMD Kodim 0431/Bangka Barat sudah saya arahkan terkait dengan pekerjaan tersebut,” katanya. 

Danrem mengatakan, TMMD tahun 2021 mengambil tema ‘Wujud Sinergi Membangun Negeri” dan ini menunjukkan bahwa TNI dalam hal ini manunggal dalam membangun desa bersama dengan pemangku kepentingan terkait baik itu TNI/Polri, pemda, BUMN maupun komponen masyarakat. 

“Dalam pelaksanaan TMMD pada tahun ini kita mendapatkan intruksi dari Kodam, bahwa ada dua Kodim yang melaksanakan TMMD,” katanya. 

“Ini merupakan bentuk sinergi yang diinginkan oleh pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan di Bangka Barat,” katanya menambahkan. 

Danrem menambahkan, untuk personil Satgas TMMD ke 110 sebanyak 150 personil meliputi anggota TNI/Polri dan lain-lain. 

“Sasaran fisiknya adalah pembangunan jembatan 13,3 kilo meter,  RTLH 2 unit, pembuatan sarana olahraga (lapangan voli), pembuatan jembatan dan pembuatan gorong gorong. Sasaran non fisik dengan melakukan pembagian sembako, stanting, posyandu dan tetap mensosialisasikan terkait Covid-19 serta terkait dengan keamanan wilayah,” ujarnya. 

Sementara itu Dandim 0431/Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa S.Sos sekaligus sebagai komandan Satgas TMMD ke 110 diwilayah Korem 045/Garuda Jaya mengatakan bahwa pihaknya mendapat sasaran dalam pembuatan jalan sepanjang 13,3 kilo meter dari Air Limau menuju Pelabuhan Tanjung Ular. 

Pada pelaksanaan kata Dandim pihaknya mengambil waktu mundur dalam pekerjaan tersebut. 

“kemarin kita sudah mngerjalan selama 15 hari dengan pencapaian hasil pekerjaan jalan sepanjang 4,4 kilo meter. Dua jembatan dan sudah selesai tiga gorong gorong dan hari ini akan membangun gorong gorong keempat,” katanya. 

Kemudian kata Dandim, kegiatan ini nantinya akan berlanjut ke arah Desa Air Putih maupun di Didesa Air limau dan itu masih menunggu prosesnya pergantian lahan milik masyarakat dan insyallah minggu depan proses tersebut selesai.

“Sisa lain yaitu tepat berada di sektor produksi dan sisanya disektor HPL milik masyarakat,” ucapnya. 

Ditempat yang sama, Bupati Bangka Barat, Markus terkait kegiatan tersebut menyebutkan bahwa pihaknya dari pemerintah daerah mendukung kegiatan tersebut dan semoga kegiatan itu bisa terselesaikan guna untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di Babar. 

“Jalan ini langsung menuju kawasan Tanjung Ular dan kita tahu karena di Tanjung Ular pusat pelabuhan barang dan satu-satunya pintu gerbang perekonomian di Bangka Barat,” katanya.(tmh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *