Terpilih Sebagai Ketua ASKOMPSI, Ini Yang Disampaikan Sudarman

by

JAKARTA, DEMOKRASIBABEL.COM – Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menggelar kegiatan Musyawarah Nasional Luar Biasa berlangsung di Hotel Golden Tulip Kota Batu Malang, Jawa Timur Jumat (9/4/2021).

Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan (SUPD) II Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Iwan Kurniawan.

Ketua ASKOMPSI yang baru, Sudarman dalam sambutan mengakui, bahwa tugas yang ia emban sangat berat saat ini. Karena dinas ini paling unik dibandingkan dengan dinas lain.

“Menjadi permasalahan di antaranya Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Sistem Elektronik (SPBE) dan Sumber Daya Manusia (SDA) di bidang IT dan permasalahan anggaran yang di refocusing,” ungkapnya.

Sebagai Ketua ASKOMPSI yang baru, Sudarman menjelaskan, kepada awak media bahwa, terbentuknya ASKOMSI ini di karenakan sinkronisasi program itu tidak berjalan dengan baik.

“Nah, ASKOMPSI ini menjadi jembatan supaya sinergitas perencanaan di pusat dan daerah itu bisa singkron, dan bisa linier,” ujar Kadis Kominfo Babel.

Di tambahkannya, banyak hal yang menjadi masukan dari ASKOMPSI yang dibahas dalam kegiatan hari ini.

“Hal yang terkait regulasi pelaksanaan SPBE regulasi itu sendiri sampai saat ini atau dokumen induk masalah IT belum ada untuk menjalani SPBE ini. Untuk itu kita berharap melalui rapat ini, pemerintah pusat harus segera menjalankan ini sehingga daerah dapat mengikuti kebijakan pusat,” ujar Sudarman.

Selain itu dikatakan, saat ini Diskominfo di daerah mengalami permasalahan di bidang anggaran akibat refocusing, sementara tugas Diskominfo sangat luas. Dalam kegiatan ini akan di bahas terkait kekurangan SDM Diskominfo di daerah. Oleh sebab itu dalam waktu dekat ini, ASKOMPSI akan menindaklanjuti keputusan bersama hasil musyawarah nasional luar biasa ASKOMPSI.

“Rapat hari ini akan menyusun draf yang akan di sampaikan ke pusat, lalu kita akan melakukan pertemuan dengan pihak kementerian untuk menyampaikan pokok pikiran dari ASKOMPSI hari ini termasuk pokok pikiran di tahun 2018, tahun 2019 yang belum terealisasi,” pungkasnya(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *