Tangani COVID-19 Dengan Cepat, Pemkab Bangka Dapat Dana Tambahan Insentif Rp13 Miliar

by
Bupati Bangka, Mulkan SH,MH

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Dinilai berhasil dalam penanganan wabah covid-19 dengan cepat didaerah Kabupaten Bangka,kini Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka mendapat tambahan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 13 miliar lebih dari Pemerintah Pusat.

Bupati Bangka, mulkan SH,MH mengatakan dana tambahan bantuan insentif dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 13 miliar ini jumlahnya terbesar dibandingkan dengan tujuh Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sedangkan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung saja hanya mendapat dana tambahan insentif sekitar Rp 11 miliar lebih, Bangka Barat Rp 12 miliar dan Kabupaten Belitung Rp 12 miliar lebih,”kata Bupati Bangka, Mulkan SH,MH saat memberi sambutan dalam pembukaan pelatihan vocasional dihotel Manunggal Sungailiat, Rabu (22/07).

Dikatakannya,dengan adanya dana tambahan insentif yang diterima tersebut, nantinya akan dialokasikan untuk memperkuat perekonomian masyarakat Kabupaten Bangka yang terdampak Covid-19.

“Jadi dana insentif daerah Kabupaten Bangka yang digeserkan itu untuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Jadi sebanyak Rp38 miliar lebih yang direalisasikan itu untuk kegiatan katagori pelayanan dasar publik di bidang kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, pergeseran dana insentif daerah telah berdasarkan Permendagri nomor 440/2436/SJ tentang pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bangka tanggal 17 Maret 2020 lalu. Dan Peraturan Menteri Keuangan No. 19/PNK.07/2020 tentang penyaluran dan penggunaan dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan dana insentif daerah 2020.

“Jadi sampai dengan sekarang ini tercatat jumlah pasien positif di Kabupaten Bangka sebanyak 59 dan semuanya sudah dinyatakan sembuh. Untuk itu diharapkan masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan covid-19. Sehingga Kabupaten Bangka tetap berada di zona hijau dari covid-19 dan dapat dipertahankan selamanya,” ujar Bupati Mulkan. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *