Sinergisitas Jadi Kunci Wujudkan Babel Pulihkan Ekonomi Dari Covid-19

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menekankan sinergisitas untuk fokus mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan sosial sebagai akibat dari pandemi Covid-19.

Dalam sambutan Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-20 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Pemprov. Babel, Sabtu (21/11/20), Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan tantangan Covid-19 jangan membuat kita berjalan lambat namun, situasi ini menjadi lompatan besar untuk mewujudkan Provinsi Babel menjadi “Provinsi Teladan”

“Masa pandemi Covid-19 ini, kondisi ekonomi maupun sosial di Babel menjadi tantangan terbesar kita. Sebelumnya, kondisi pertumbuhan ekonomi Babel terus meningkat namun, di tahun 2020 mengalami kontraksi yang cukup dalam. Situasi ini tidak hanya melanda Bangka Belitung tapi ini menjadi kondisi yang dialami seluruh dunia,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, semangat dan energi positif dalam sinergi dari semua pihak akan membantu Bangka Belitung pulih secara ekonomi maupun sosial. Keberhasilan ekonomi di beberapa tahun sebelumnya menjadi pemantik bagi Babel untuk terus melaju.

Kapasitas anggaran Pemprov. Kepulauan Babel juga terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. “Pada tahun 2002, tercatat pendapatan daerah hanya sebesar 266,4 miliar rupiah namun, pada tahun 2019 meningkat lebih kurang 10 kali lipat menjadi 2,69 triliun rupiah. Dengan pendapatan asli daerah meningkat dari 48,8 miliar rupiah menjadi 827 miliar rupiah,” ujarnya.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan upaya bersama semua komponen di Bangka Belitung. Namun, Gubernur Erzaldi berpesan agar pencapaian- pencapaian tersebut jangan membuat kita berpuas diri karena, masih banyak cita- cita dan harapan provinsi untuk mewujudkan masyarakat Babel sejahtera.

“Kita patut mengucap syukur atas pencapaian kita selama ini. Melalui momentum hari jadi Bangka Belitung ke-20 , mari kita saling bergotong royong, bahu membahu dan bersinergi serta senantiasa bergandengan tangan guna mewujudkan tujuan pembangunan,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, dilakukan pemotongan tumpeng serta penyerahan piagam penghargaan kepada pejuang terbaik dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Untuk kategori tenaga kesehatan diberikan kepada Sayang Permatasari, kategori tenaga non-kesehatan diberikan kepada Mikron Antariksa, kategori Relawan Simpul Babel diberikan kepada Ujang Supriyanto, kategori TNI diberikan kepada Pembantu Letnan Dua Novarito, dan untuk kategori Polri diberikan kepada Brigadir Satu Yayan Nugraha.

Kegiatan rapat paripurna hari ini dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar; Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah; anggota DPRD dan DPD, para pejabat di jajaran Pemprov. Babel, Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Imelda
Foto: Iyas Zi
Editor : Listya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *