Sempat Dikomplain Warga, Pemakaman Jenazah Covid-19 Dibongkar dan Dipindahkan

by
Pemakaman jenazah covid-19 dilakukan pembongkaran dan pemindahan ditempat pemakaman baru Lingkungan Srimenanti Sungailiat, Kamis (07/01) sore

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemakaman jenazah positif covid-19 yang baru selesai dimakamkan di tempat pemakaman baru Lingkungan Senang Hati, Kelurahan Srimenanti Sungailiat, Kabupaten Bangka terpaksa dilakukan pembongkaran lantaran mendapat komplain salah satu warga setempat (Red).

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi Demokrasibabel.com, Jumat (08/01) pagi. Hal tersebut terjadi mis komunikasi saja antara pihak yayasan perkuburan dengan pemilik rumah salah satu warga (red) yang kebetulan dekat dengan tempat pemakaman tersebut.

“Dimana Almarhum Saudara RR (63) Kp Jawa Sungailiat yang meninggal terkonfirmasi positif covid-19 pada pagi hari 07 Januari 2021 ini dimakamkan didekat tembok pembatas lahan milik salah satu warga setempat.
Karena pemakaman tersebut tidak ada izin dengan tetangga pemilik lahan setempat. Sehingga tetangga tersebut meminta untuk dilakukan pemindahan pemakaman yang agak jauh sedikit dari tembok pembatas tempat yang bersangkutan,” katanya.

Dikatakannya, pembongkaran dan pemindahan pemakaman tersebut pun disiapkan alat PC dari tetangga lahan salah satu warga setempat untuk penggalian pemakaman baru ditempat yang agak kejauhan.

“Pihak keluarga Almarhum RR (63) pun menerima dengan baik pembongkaran dan pemindahan pemakaman tersebut. Dan proses pembongkaran dan pemindahan nya berjalan dengan baik dan lancar hingga selesai sore hari,” ujarnya.

Boy menghimbau, setiap pemangku Kecamatan dan Desa mohon bantuannya, seketika ada warga ataupun masyarakatnya yang meninggal dunia terkonfirmasi positif covid-19 untuk dapat mempersiapkan tempat pemakaman nya dengan baik. Sehingga proses pemakaman dilapangan nantinya tidak ada permasalahan, baik itu lingkungan maupun tempat dikebumikan.

“Jadi total kasus terkonfirmasi positif covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Bangka sudah mencapai 10 orang. Yakni 4 orang dari Kecamatan Belinyu, 2 orang dari Kecamatan Mendobarat, 1 orang dari Kecamatan Pemali dan 3 orang dari Kecamatan Sungailiat.

Hingga saat ini total kasus positif covid-19 di Kabupaten Bangka berjumlah 787 orang dan diantaranya sudah sembuh 707 orang. Bearti masih menyisahkan 70 orang yang kini dalam tahap isolasi dan menjalani karantina serta 10 orang yang meninggal dunia,” ungkap Boy. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *