Sekda Pangkalpinang Ingatkan Peran Guru di Masa Transisi Sistem Tatap Muka

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Radmida Dawam mengingatkan peran guru pada masa transisi sistem tatap muka pada sekolah menengah pertama (SMP) yang rencananya akan dimulai pada September mendatang.

“Jadi jika sekolah memang akan dibuka, maka yang perlu menjadi perhatian utama adalah pemberlakuan protokol kesehatan dengan tegas. Jadi guru-guru, sekolah-sekolah harus siap. Persiapan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan. Guru-guru juga harus siap mengawal anak muridnya tetap menggunakan masker dan selalu mencuci tangan, termasuk menjaga jarak aman,” ujarnya di Pangkalpinang, Minggu.

Menurutnya pro dan kontra terhadap suatu kebijakan memang selalu ada. Seperti dikotomi antara orang tua yang ingin anaknya untuk segera bersekolah dan orang tua yang masih khawatir jika anaknya sudah mulai masuk belajar.

“Tapi dengan Bismillah dan dengan niat baik, yang penting kita tidak melanggar aturan, tidak ada permasalahan hukum di dalamnya, maka kita jalani,” katanya.

Dirinya mengusulkan jika pembelajaran tatap muka pada jenjang SMP ini didahului dengan simulasi, dengan asumsi ada peran aktif dari satuan pendidikan (sekolah) untuk melaporkan kepada dinas pendidikan terkait.

“Dalam hal ini kita haru smelihat kesiapan sekolah dan protokol kesehatannya. Sedangkan Disdikbud Kota Pangkalpinang akan mensupervisi kelayakan sekolah-sekolah tersebut,” katanya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *