Sekda Hadiri Pengukuhan Pengurus DPD Perhimpunan Jurnalis Siber Babel

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep Babel), Naziarto menghadiri pengukuhan Pengurus DPD Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2022-2027 di Rumah Media Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov.Kep.Babel), Selasa (02/08/2022).

DPD Pengurus PJS Babel secara resmi dikukuhkan oleh, Muhamad Perismon selaku Wakil Ketua Umum DPP PJS berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Jurnalis Siber Nomor: 03/SK/DPPPJS/ VII/2022 tentang Pengangkatan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode Tahun 2022-2027 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 2 Juli Tahun 2022.

Pengukuhan tersebut juga disaksikan oleh Bendahara Umum DPP PJS, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kep. Babel, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Prov. Kep Babel, serta tamu undangan terkait.

Dalam sambutannya, Naziarto mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wakil Ketua Umum dan Bendahara Umum DPP PJS serta mengucapkan syukur atas pelaksanaan pengukuhan DPD Pengurus PJS Prov. Kep. Babel hari ini.

“Alhamdullilah, kita telah menyaksikan pengukuhan Pengurus DPD PJS Prov. Kep Babel. Pengukuhan dilaksanakan dengan proses singkat, padat, jelas dan tidak bertele-tele ini menjadi gambaran/simbol dari seorang wartawan. Di situ juga ada keserderhanaan dan apa adanya yang menggambarkan wartawan sejati,”ujarnya mengawali sambutannya.

Dirinya berpesan wartawan sejati harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun. Mereka juga diharapkannya harus mau berjuang dan berjibaku bersama-sama dengan masyarakat.

“Itulah citra diri seorang wartawan. Citra ini yang juga yang terlihat dari kepengurusan DPD PJS Prov. Kep. Babel yang baru saja dikukuhkan hari ini,” ujarnya.

Perkembangan dunia jurnalis diakuinya hari demi hari berbanding lurus dengan semakin menjamurnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pers terutama media online.

“Kita melihat dunia sekarang dimana informasi dan komunikasi itu harus dimiliki oleh semua orang. Tanpa tirai dan jarak kita bebas dari kungkungan apapun untuk dapatkan informasi,” ujarnya.

Mengutip quote Alvin Toffler dirinya mengatakan “Siapa yang menguasai informasi dan komunikasi, dia yang akan menguasai dunia”. Karenanya Naziarto berharap kehadiran DPD PJS Prov. Kep. Babel memberikan dampak positif dalam mendapatkan, menguasai dan menyampaikan informasi yang benar dan akurat sesuai dengan fakta dan realita di lapangan untuk kepentingan masyarakat khususnya di Bumi Serumpun Sebalai.

“Apalagi kita ketahui saat ini semakin banyak organisasi-organisasi pers yang terbentuk sebagai wadah bagi insan pers. Sepatutnya perkembangan ini harus kita sikapi, sebagai jurnalis sejati kita harus berkiprah dimanapun, kita harus mengirnformasikan apapun yansg kita lihat dan rasakan sesuai fakta dilapangan dengan kata lain apapun yang kita informasikan harus terlebih dahulu melakukan cek dan ricek kepada narasumber,”ujar Sekda menegaskan.

“Sekarang dan dulu memang jauh berbeda jika saat ini informasi sangat cepat, jurnalis dapat mempublish informasi dengan cepat. Ini hebatnya dunia jurnalis sekarang,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa kemudahan lain di dunia wartawan sekarang seperti misalnya informasi kerap tersedia tanpa melalui proses wawancara dengan narasumber.

“Berbeda jika dibandingkan dengan dulu, jurnalis harus melakukan wawancara dan bertemu dengan narasumber tapi belum tentu juga berita di publish,” ungkapnya sembari membeberkan pengalamannya saat menjadi seorang jurnalis.

Kemudahan-kemudahan ini ditekankan kembali oleh Sekda Naziarto untuk tidak disalah gunakan sebagai seorang jurnalis sejati. Karenanya dirinya meminta jurnalis untuk melakukan cek dan ricek kepada narasumber sesuai dengan fakta dilapangan.

“Untuk itu saya berpesan dan yakin kepada DPD PJS Prov.Kep. Babel untuk bekerja secara profesional, proporsional dan jadi jurnalis sejati yang profesional. Walaupun masih baru, saya juga minta agar terus berkiprah dan harus memajukan pers di daerah maupun naional dan bisa mengangkat harkat dan martabat pers RI,” ujarnya.

“Harumkan nama DPD PJS Prov. Kep.Babel ini di Republik Indonesia. Kami Pemprov. Kep. Babel siap untuk berkolaborasi dan berkoordinasi bahkan dengan semua organisasi yang bergerak di bidang pers di Negeri Serumpun Sebalai ini,”pungkasnya.

Sementara pada pengukuhan kepengurusan yang dibarengi dengan Kegiatan Konsolidasi Organisasi Pers Perhimpunan Siber Jurnalis (PJS), terdapat beberapa nama yang diamanahkan untuk mengemban tugas sebagai pengurus antara lain Riki Permana selaku Ketua DPD PJS Prov. Kep. Babel, Hardi Mardeni selaku Sekretaris dan Jefri Oktaviandi selaku Bendahara.

Penulis : Imelda
Foto : Iyas Zi
Editor : Nona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.