Sayur Sehat Tanpa Pestisida, Bupati Bangka Panen Sayuran Hidroponik Bangka Setara

by
Tampak Bupati Bangka, Mulkan SH,MH bersama rombongan memanen sayuran hidroponik di Kebun Bangka Setara Sungailiat, Kabupaten Bangka, Senin (08/03)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Bupati Bangka memanen sayur sehat tanpa pestisida yakni sayuran Hidroponik di kebun Bangka Setara yang berlokasi di samping kantor Disdukcapil Sungailiat, Kabupaten Bangka, Senin (08/03).

Dikesempatan tersebut, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengatakan hidroponik merupakan salah satu kebun percontohan untuk masyarakat akan mengkonsumsi sayur sehat tanpa pestisida. Supaya kebun percontohan ini dapat mengajak masyarakat untuk membudidaya sayur sehat dari hidroponik ini.

“Kedepan paling tidak kebun Hidroponik Bangka Setara ini dapat panen raya sekitar 4 kali dalam satu tahun. Supaya kelihatan dan berjalan secara kontinyu maupun kesinambungan,” katanya.

Selain itu, didepan Kantor Bupati yang lama juga ada tanaman bawang merah. Dan ini merupakan tanaman jangka pendek yang cepat dihasilkan. Sehingga lahan-lahan Pemkab Bangka dapat dimanfaatkan secara baik dan tidak terkesan terbengkalai.

“Jadi manfaatkanlah sarana dan prasarana yang sudah ada ini, sehingga dapat menjadi hasil dari pemanfaatannya,” ujar Bupati Bangka, Mulkan.

Sementara itu, pengelolah kebun Hidroponik Bangka Setara, Dodi mengatakan kebun Hidroponik Setara ini merupakan awal ide dari Bupati Bangka, Mulkan sebagai kebun percontohan sayur sehat untuk masyarakat. Dan juga panen kali ini berkat hasil karya anak-anak pelajar yang sedang PKL dari Bangka Barat.

“Dimana hidroponik merupakan tekhnik penanaman yang menekankan kebutuhan unsur hara yang esensial. Karena setiap tanaman pada hidroponik memerlukan kebutuhan masing-masing, sehingga mendapatkan pertumbuhan yang benar-benar maksimal,” katanya.

Dikatakannya, kebun Hidroponik Bangka Setara ini diresmikan Bupati Bangka Mulkan SH,MH pada 13 Maret 2019 lalu. Dan dari itu pula sampai sekarang ini banyak masyarakat yang membeli sayur hidroponik secara langsung di kebun ini,bahkan ada yang berkeinginan belajar akan tanaman hidroponik ini.

“Terima kasih banyak kepada Bupati Bangka dan Dinas Pertanian atas fasilitas yang diberikan. Semoga kebun percontohan Hidroponik Bangka Setara ini dapat ditiru oleh masyarakat dan dapat berkembang diwilayah Kabupaten ini,” ujar Dodi.

Selepas memberi sambutan, Bupati Bangka dan rombongan menuju kebun Hidroponik Bangka Setara dan memanen sayuran hidroponik yang sudah siap panen.

Didampingi Sekda Bangka,Drs Andi Hudirman, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas OPD Pemkab Bangka dan jajaran, Komunitas Hidroponik Sungailiat, Pelajar PKL dari Kelapa Bangka Barat.(Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *