Safriati Safrizal Apresiasi Fashion Show Nuansa Batik Lokal

by

Pangkalpinang, Demokrasibabel.com – Sebanyak 10 peserta yang merupakan finalis dari peragaan busana yang digelar Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) dengan tema “Penciptaan Wirausaha By Design Melalui Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan” sukses memukau para dewan juri dan penonton. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Serba Guna Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Babel, Sabtu, (2/12/2023)

Dihadiri langsung Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kep. Babel, Safriati Safrizal didampingi Kadisbudkepora Kep. Babel Widya Kemala Sari dan Pegiat Seni Kep. Babel Wanda Sona yang juga sekaligus bertindak sebagai dewan juri untuk acara tersebut. Safriati Safrizal mengungkapkan perasaan gembiranya dan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Luar biasa menurut saya semua peserta hari ini, dengan mengangkat budaya lokal, mereka mengangkat warisan malah ada peserta yang mengangkat motif ratusan tahun sehingga ini benar- benar membawa nuansa lokal yang masih orisinil,“ kata Safriati Safrizal.

Dengan tampilan terbaik, tiap peserta lomba yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Kategori Umum dan Kategori UMKM, memakai balutan kreasi kostum ciri khas Kep. Babel yang telah dimodifikasi etnik atau modern dengan pilihan motif seperti batik daun simpur, batik melayu pinang sirih ataupun cual.

Hal ini menjadi luar biasa bagi Safriati Safrizal, karena biasanya saat ini banyak sekali perkembangan, tetapi di acara ini bahkan ada yang mengangkat warisan budaya yang berusia 250 tahun dan masih orisinil, sehingga layak untuk dipertahankan untuk menggalakkan produksi dalam negeri serta mencintai produksi dalam negeri.

Menurutnya, kegiatan ini banyak sekali manfaatnya dan ia berharap melalui kegiatan seperti ini dapat mengembangkan pariwisata di Provinsi Kep. Babel.

“Saya memang sangat senang sekali untuk terus menggalakkan produk-produk lokal, mencintai produk dalam negeri,” ujar Safriati Safrizal.

Kedepannya, ia akan berusaha membantu promosi pada berbagai _event_ termasuk _event_ nasional, salah satunya dengan menggunakan busana lokal khas Kep. Babel.

Sebagai informasi, untuk Kategori Umum, tampil sebagai Juara Pertama, Yudi Irsyandi disusul Juara Kedua, Taufik Apriyansyah dan Juara Ketiga diraih Lusiana. Sementara pemenang pertama untuk Kategori UMKM diraih Isnawaty Hadi, kemudian Chatarina Khristianmini sebagai Juara Kedua dan Lusiana sebagai Juara Ketiga. Para pemenang berhak mendapatkan sejumlah uang tunai, trophy dan hadiah hiburan.

Penulis : Aliyah
Foto : Saktio
Editor : Intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.