Rombongan Pemkab Bangka Gowes Tempuh Destinasi Desa Bukit Layang

by
Rombongan Pemkab Bangka Gowes menempuh Destinasi Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Sabtu (21/11)

BAKAM, DEMOKRASIBABEL.COM – Bupati Bangka yang didampingi Ketua Tp PKK Bangka, OPD Pemkab Bangka bersama rombongan mengayuh sepeda (gowes) dari Rumah Dinas Bupati menempuh distinasi wisata Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Sabtu (21/11).

Gowes kali ini, melintasi Jalan Raya Desa Air Ruay menelusuri jalan raya Dusun Penyamun Pemali hingga finish di pemancingan Betrand Park Dusun Cungfo, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam.

Sebelum finish, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH meresmikan Posko Kampung Tegep Mandiri di Dusun Cungfo, memanen buah Pepaya California, peninjauan budidaya madu Apis Cerena, pemberian paket sembako, memberi santunan alat pelengkapan sekolah Anak Yatim dan berbelanja produk UMKM Desa Bukit Layang.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengatakan olahraga dengan gowes sambil berwisata ini merupakan upaya untuk mengenali wisata Desa, supaya lebih dikenali masyarakat luas. Untuk itu Kita pula haruslah berbuat, bekarya dan terus berkreativitas.

“Seperti Gowes di Desa Bukit Layang ini, Desa memiliki potensi-potensi terutama akan tanah pertanian dan sebagainya serta kultitural nya cukup baik. Jadi suatu pariwisata itu bukan hanya di pantau ataupun di alam terbuka saja, melainkan juga tempat pertanian dapat dijadikan objek wisata,” katanya.

Selain itu, di Kepemimpinan Bangka Setara ini, Kita juga menitik beratkan kepada semua Desa ditiap Kecamatan untuk dapat mengembangkan destinasi wisata masing-masing wilayahnya. Karena Kita harus siap dengan kemandirian, jangan sampai dana dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten tidak lagi mensuport, Kita tidak bisa mengembangkannya.

“Kalau Kita memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD), tentunya Kita dapat bergerak secara mandiri untuk mengembangkan wisata Desa. Jadi Kita harus merubah menset,jangan selalu berindentik dengan pembangunan, karena pembangunan itu tidak bisa Kita manfaatkan secara kontinyu. Dengan pertanian,perikanan dan tempat wisata inilah nantinya akan menjadi suatu kelangsungan untuk Desa sebagai PAD nya,” pungkas Bupati Bangka, Mulkan.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Bukit Layang, Andry mengapresiasi kegiatan gowes Pemkab Bangka berserta rombongan. Kunjungan gowes ini tentunya merupakan suatu bentuk perhatian Pimpinan Daerah kepada Desa.

“Sehingga dengan perhatian ini, Desa dapat lebih berkreativitas, berinovasi dan meningkatkan potensi-potensi yang ada diwilayah Desa,” katanya saat diwawancarai sejumlah Wartawan di Pemancingan Betrand Park, Dusun Cungfo, Desa Bukit Layang, Sabtu (21/11).

Selain itu, kunjungan gowes ini juga melakukan pemberian sebanyak 210 paket sembako bagi masyarakat setempat yang tidak mendapatkan bantuan Pemerintah seperti BLT, BST dan sebaginya. Sehingga dapat membantu meringankan masyarakat, terutama dimasa pandemi covid-19 ini.

“Dengan ini semua, semoga Pemkab Bangka dapat selalu jaya, tetap sukses dan dapat mensuport potensi-potensi Desa yang ada di Kabupaten ini. Dengan bersama Kita Bisa membangun Bangka Belitung untuk lebih maju dan sejahtera,” ujar Kades Bukit Layang, Andry. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *