Riwayat Batuk-Batuk, Satu Orang Warga Kabupaten Bangka Terkonfirmasi Positif Covid-19

by

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Bedasarkan dari hasil pemeriksaan sample test swab, Kabupaten Bangka kembali bertambah satu orang menunjukan terkonfirmasi positif covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Siaga Darurat Bencana Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra melalui voice pesan whatsapp, Sabtu (11/07) sore.

Dikatakannya, bertambahnya 1 orang terkonfirmasi positif covid-19 tersebut berinisial NN (59) Warga Kecamatan Belinyu. Dengan riwayat awal sudah lama mengalami batuk-batuk.

“Sebelumnya pada 02 Juli 2020 lalu, NN (59) pernah dilakukan pemeriksaan rapid test yang mana hasilnya menunjukan reaktif. Kemudian pada 06, 07 Juli lalu telah dilakukan pemeriksaan test swab pertama dan pada pagi tadi, Sabtu (11/07) hasil test swab tersebut menunjukan positif terkonfirmasi covid-19 dengan kategori ODP,” ungkapnya.

Dengan demikian, NN (59) warga Kabupaten Bangka yang terkonfirmasi positif covid-19 tersebut sudah dilakukan karantina di BKPSMD Provinsi Babel yang dibantu PSC 119 RS Eko Mualana Ali.

“Tim Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Bangka dan Dinkes Bangka sudah melakukan tracking bagi yang sudah kontak dengan NN (59) baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dan bagi yang kontak akan dilakukan pemeriksaan rapid test dan test swab nantinya,” katanya.

Selain itu, BPBD Bangka bersama Tim Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Bangka juga akan melakukan penyemprotan disinfektan dengan radius 100 meter dititik yang dianggap tersentuh positif sebelumnya.

“Jadi jumlah daftar yang terkomfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bangka sudah 59 orang dan 57 orang sudah dinyatakan sembuh dengan tingkat kesembuhan mencapai 96,6 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka akan terus berusaha semaksimal mungkin melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 bersama dengan tim kesehatan, relawan dan pihak terkait lainnya.

“Untuk itu, Marilah Kita tingkatkan kesadaran untuk berdisiplin protokol kesehatan dari covid-19 dengan selalu jaga jarak, wajib memakai masker ketika hendak keluar rumah ataupun berpergian. Cuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir baik sebelum maupun sesudah melakukan aktifitas,” imbau Boy. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *