Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Pangkalpinang, Pj Gubernur: Literasi Penting untuk Masyarakat

by

Pangkalpinang, Demokrasibabel.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, meresmikan Gedung Layanan Perpustakan Kota Pangkalpinang, Selasa (27/03/2023).

Acara peresmian di awali dengan pemotongan pita oleh Pj Gubernur Suganda, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Adin Bondar, dan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil yang didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maya Suganda Pasaribu, dan Bunda Literasi Kota Pangkalpinang Monica Haprinda.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Pangkalpinang, dan peninjauan gedung perpustakaan kota Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Suganda menyampaikan bahwa literasi dan perpustakaan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat, dan tidak akan pernah terpisahakan.

“Literasi ini sangat penting, karena merupakan modal sosial bagi kita. Orang yang mempunyai literasi yang tinggi tidak akan mudah terbawa berita-berita hoaks., sedangkan kehadiran perpustakaan ini adalah salah satu cara bagaimana kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat kita, memberikan informasi melalui literasi yang ada, karena ini sangat penting bagi masyarakat, dan tidak akan pernah terpisahkan,” ujarnya.

Disampaikannya pula, perpustakaan tidak boleh di pandang sebelah mata, karena perpustakaan inilah yang membantu proses pendidikan seseorang dari mulai tingkat SD, SMP, SMA, hingga sarjana.

Selain itu, Pj Gubernur Suganda mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Kota Pangkalpinang, karena telah menyelenggarakan acara peresmian gedung perpustakaan kota Pangkalpinang ini.

“Untuk kehadiran perpustakaan ini kami sangat menyambut baik, dan berterima kasih kepada pihak penyelenggara, dan kami mohon bantuannya juga kepada Bapak Adin Bondar untuk membantu kami dalam mengembangkan perpustakaan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang Eti Fahriati mengatakan dalam laporannya, hadirnya perpustakaan kota Pangkalpinang yang berada di pusat kota ini menjadi wadah bagi banyak orang untuk belajar secara informal, dan sudah menjadi kebutuhan yang parsial dalam dunia pendidikan, serta mampu memberikan informasi seluas-luasnya bagi khalayak.

Acara ini dilanjutkan dengan talkhsow peningkatan indeks literasi masyarakat untuk lesejahteraan di Kota Pangkalpinang dengan tema “Akselerasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Meujudkan Pangkalpinang Ter-Senyum”, dengan narasumber Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional, Adin Bondar.

Penulis : Elvianti
Foto : Dina
Editor : Rangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.