Rapat Paripurna, Penyampaian Hasil Reses dan Pengesahan Raperda

by
Foto bersama pengesahan 3 Raperda saat rapat paripurna di ruang Mahligai DPRD Kabupaten Bangka, Senin (30/05)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Rapat Paripurna penyampaian hasil reses dan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) berlangsung di ruang Mahligai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka, Senin (30/05). 

Rapat paripurna dihadiri Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP, Forkopimda, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebanyak 25 orang Anggota DPRD yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar Sidi S.IP didampingi Wakil Ketua DPRD 1,Mendra Kurniawan, Wakil Ketua 2, Rendra Basri dan Setwan, Ery Gusnawan. 

Dikesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar Sidi menyampaikan reses oleh Anggota DPRD sudah dilakukan didaerah pemilihan masing-masing. Dimana reses tersebut bertujuan menyerap aspirasi masyarakat dan menindaklanjutinya guna memberikan pertanggungjawaban moral sebagai perwujudan perwakilan rakyat. 

“Adapun aspirasi masyarakat dalam reses tersebut berkaitan dengan permasalahan umum, seperti perbaikan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, perkebunan dan sebagainya. Sehingga aspirasi masyarakat tersebut perlu diatasi agar masyarakat merasa nyaman, tentram sejahtera dan berkeadilan,” katanya. 

Dikatakannya, aspirasi tersebut akan dihimpun dalam pokok pikiran DPRD Bangka dengan harapan menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan dan akan disampaikan kepada Wakil Bupati Bangka. 

“Untuk penyampaian 3 Raperda oleh Bupati Bangka pada 26 April 2022 lalu telah dilakukan pengkajian dan pembahasan oleh masing-masing Pansus V, Pansus VI dan Pansus VII bersama OPD terkait dan kini telah disejutui. Selanjutnya diharapkan dapat ditindaklanjuti dan mendapat payung hukum dalam penyelenggara pemerintah daerah. Telah mana di syahkannya 3 Raperda menjadi Perda tersebut, maka Pansus resmi pula dibubarkan,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Bangka ini. 

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin S.IP mengucapkan terima kasih pada pimpinan dan anggota DPRD, khususnya para Pansus yang membahas 3 Raperda dan telah menyetujuinya untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Sehingga akan menjadi landasan kebijakan penyelengara pemerintah Kabupaten Bangka. 

“Dimana 3 Raperda tersebut yakni Raperda penyelenggara tekhnologi informasi dan komunikasi, Raperda layak anak dan Raperda pengelolaan penyelengara tempat pelelangan ikan,” katanya.

Wabup Bangka berharap pengesahan ini dapat menjadi komitmen bersama untuk dapat dilaksanakan sebagai asas pembentukan Peraturan perundang-undangan. 

“Pengesahan dari Raperda menjadi Perda ini pula bukan hanya sekedar memenuhi syarat pemenuhan indikator penilaian dalam proyek Pemerintah Pusat. Namun dapat mewujudkan landasan hukum sebagai penyelengara Pemerintah daerah di Kabupaten Bangka ini,” harap Wabup Bangka ini. (Suyanto) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.