Proses Pergantian Wakil Ketua DPRD Bangka Terus Berlanjut, Taufik Resmi Jadi Calon

by
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bangka, Rendra Basri saat menandatangani pengumuman pergantian Wakil Ketua I di ruang Mahligai DPRD, Jumat (05/08)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Mekanisme proses pergantian Wakil Ketua 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan terus berlanjut, meskipun sempat terjadi perseteruan antar sesama anggota DPRD pada Rapat Internal di ruang Mahligai DPRD, Jumat (05/08). 

Dimana pada agenda rapat tersebut, Mendra Kurniawan mengganggap tidak sesuai dengan judul yang tertulis pengumuman pemberhentian pimpinan DPRD Provinsi Bangka Belitung, yang seharusnya Kabupaten Bangka. 

Namun seiring perseteruan terjadi, akhirnya Mendra Kurniawan pun keluar meninggalkan ruangan rapat dan akan melakukan upaya untuk menyurati DPP Partai Gerindra. 

“Dimana 13 Anggota DPRD pada pelaksanaan Badan Musyawarah (Banmus) telah setuju diagendakan paripurna internal dan 4 orang tidak setuju, ini artinya telah memenuhi forum untuk dilaksanakan Rapat Paripurna Internal,” kata Rendra Basri saat memimpin Rapat Internal tersebut. 

Disampaikannya, mekanisme ini dimungkinkan telah sesuai dengan Peraturan DPRD Kabupaten Bangka nomor 01 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Kabupaten Bangka. 

“Rapat ini merupakan hasil Badan Musyawarah (Banmus) pada 30 Juli 2022 lalu. Banmus tersebut membahas surat dari DPC Partai Gerindra pada tanggal 4 Juli 2022, dengan perihal permohonan pemberhentian Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bangka dengan melampirkan surat dari DPP Partai Gerindra tentang Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi DPRD Partai Gerindra Provinsi Bangka Belitung 2022-2024. Surat tersebut memutuskan untuk diagendakan didalam kegiatan DPRD Kabupaten Bangka pada 5 Agustus 2022 untuk dilakukan paripurna pengumuman pergantian,” ungkap Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bangka. 

Sementara itu, Taufik Korianto yang resmi menjadi calon Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bangka mengatakan selesainya pengumuman pergantian Wakil Pimpinan ini, maka selanjutnya akan diproses melalui Bupati Bangka dan diteruskan lagi ke Gubernur selama 7 hari. 

“Setelah itu, barulah dijadwalkan kembali di Banmus dan selanjutnya diagendakan pelantikan dari Wakil Pimpinan yang lama ke Wakil Pimpinan yang baru,” ujar Taufik Korianto calon Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka dari fraksi Gerindra ini. (Suyanto) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.