Program Kerja Gule Kabung, Pj Gubernur dan Rombongan, Makan Bedulang

by

Kelapa Kampit, Demokrasibabel.com – Program Kerja Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Kep. Babel “GULE KABUNG” (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung) di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur berlanjut dengan acara “Bedulang”, yakni makan malam bersama di Kantor Desa Senyubuk, Selasa malam (13/6/23).

Tradisi makan bedulang merupakan prosesi makan bersama yang dilakukan menurut adat Belitung, tentunya dengan tata cara dan etika tertentu. Yaitu, makan bersama dalam satu dulang, dimana makanan diletakkan di dulang (nampan besar), diperuntukan bagi empat orang dengan duduk bersila di lantai dan saling berhadapan.

“Satu kata, kebersamaan. Jadi makan bedulang ini adalah makan-makan bersama. Kita dihidangkan makanan dan sama-sama menikmati. Jadi disitulah filosofi yang bisa kita tangkap, bahwa ketika ada makanan, akan lebih nikmat kalau bisa dinikmati bersama-sama, tidak seorang diri saja,” jelasnya.

Sementara Kades Senyubuk, Dodi Hidayah mengungkapkan terimakasihnya atas kunjungan Pj Gubernur Suganda dan rombongan ke Desa Senyubuk. Sehingga, pihaknya berusaha mempersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menyambut rombongan, termasuk menyiapkan Makan Bedulang khas Belitung.

“Terimakasih kepada Bapak Pj Gubernur atas kunjungannya. Selama ini memang ada yang kita usulkan ke provinsi, tapi tersendat karena tidak tahu alurnya kemana, tapi dengan kedatangan Pak Pj Gubernur kesini (program Guke Kabung), kita bisa langsung eksekusi. Dan kami berharap agar secepat mungkin apa yang kami usulkan dapat terealisasi,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa masyarakat Desa Senyubuk senang, karena selama ini belum pernah acara seperti ini. Momen ini menjadi wadah aspirasi masyarakat khususnya masyarakat Desa Senyubuk, yang ingin disampaikan langsung kepada pemerintah.

Makan malam bersama ini dihadiri oleh Bupati Belitung Timur, unsur Forkopimda provinsi dan kabupaten, instansi vertikal, Perangkat Daerah provinsi maupun kabupaten, perangkat desa, dan masyarakat Desa Senyubuk Kelapa Kampit.

Penulis: Dini
Foto: Nabila
Editor: irnawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.