Ponton Tambang Timah Tower Didepan Muara Air Kantung Sungailiat, Tadi Malam Ditertibkan

by
Eksekusi Ponton tambang timah jenis tower (kiri) yang beroperasi didepan muara Air Kantung Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (21/10)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Sebanyak puluhan penambang berikut 7 unit ponton tambang timah jenis apung tower yang beroperasi didepan Muara Air Kantung Sungailiat, Kabupaten Bangka ditertibkan dan diamankan tim gabungan dari Subdit Gakkum Ditpolair Polda Babel dan BKO Ditpolair Korp Polairud Baharkam Mabes Polri, Selasa (20/10) malam.

Puluhan penambang tersebut diduga melakukan penambangan ilegal dan sering beroperasi pada malam hari didepan alur muara Air Kantung. Dimana aktivitas tambang timah jenis apung tower tersebut sering menjadi kendala para aktivitas para nelayan akan pergi melaut.

Kini, puluhan penambang tersebut sudah diamankan di kantor Dit Polairud Polda Babel Pangkal Balam guna menjalani pemeriksaan.

Kasatpolair Polres Bangka, Iptu Asmadi saat dikonfirmasi di Pangkalan Pos Sandar Kapal Patroli Dit polairud Polda Babel Sungailiat membenarkan penertiban yang dilakukan oleh Gakkum Ditpolair Polda Babel dan BKO Ditpolair Korp Polairud Baharkam Mabes Polri, Selasa (20/10) malam di muara Air Kantung Sungailiat tersebut.

“Benar, adanya penertiban yang dilakukan oleh Tim gabungan atas aktifitas penambangan di depan muara Air Kantung tersebut. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan rekan- rekan konfirmasikan hal tersebut ke pihak Direktorat Babel,” katanya, Rabu (21/10) pagi.

Sebelumnya itu, sejumlah nelayan Sungailiat yang menambatkan perahunya di muara Air Kantung Sungailiat ini merasa terganggu atas aktivitas penambangan timah jenis tower yang beroperasi di depan alur muara tersebut.

“Jadi, sebagai masyarakat nelayan merasa terganggu atas aktivitas tambang timah rajuk tersebut. Karena mengganggu akses keluar masuk para nelayan.Tapi atas keluhan para nelayan tersebut sudah ditindaklanjuti petugas dan ponton tambang timah tower yang beroperasi disana sudah ditertibkan petugas,” ujar Kasatpolair Polres Bangka, Asmadi. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *