Polres Bangka Bagi Bagi Masker Gratis, Ditemukan Tidak Pakai Masker Ini Hukumannya

by
Foto bersama sebelum bagi-bagi masker gratis di Mapolres Bangka, Kamis (10/09)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Polres Bangka bersama unsur Forkopimda, Pemda Bangka dan Tokoh elemen masyarakat bagi-bagi masker kepada masyarakat di seputaran Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (10/09).

Giat pembagian masker secara gratis tersebut diikuti Dandim, Kompi Senapan B, Kejaksaan, Dinkes Bangka, Jubir Covid-19 Bangka, BPBD Bangka dan Tokoh elemen Masyarakat.

Adapun titik pembagian masker oleh Polres Bangka bersama Forkopimda dan Pemda Bangka tersebut yakni di pasar Kite Sungailiat, pasar Senggol pelabuhan Sungailiat dan sekitarnya.

Saat pembagian masker berlangsung di pasar Kite Sungailiat, Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan terlihat berang, karena salah satu pedagang sayur dipasar yang tidak menggunakan masker dan tak menggubris himbauan yang diberikan untuk tetap menggunakan masker.

Pasalnya,pedagang sayur yang dimaksud berupaya mengindari dan menyepelehkan himbauan. Banyak cingkonek,” celetuk pedagang pasar sayur yang dimaksud sembari berpaling dari petugas.

Melihat sikap pedagang sayur pasar tersebut, Kapolres Bangka pun terlihat berang dan berupaya memberikan pemahaman.

“Bapak tolong hargai Kami yang ada disini dan jangan bersikap demikian. Menggunakan masker ini wajib dan ada sanksinya bagi yang melanggar seperti yang telah diberlakukan di daerah-daerah lainnya,” terang Kapolres Bangka kepada pedagang pasar Kite yang menyepelehkan himbauan tadi.

Kemudian, pedagang tersebut diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selanjutnya pedagang tersebut diberikan hukuman dengan Scot Jump beberapa kali dan membacakan butiran Pancasila. Setelah itu Kapolres Bangka pun memberikan masker secara gratis untuk dipakaikan bagi pedagang pasar tersebut.

Tak hanya itu, hal yang sama bagi pedagang ikan dipasar yang tidak respon untuk mengunakan masker, Waka Polres Bangka, Kompol Faisal Fatsey S.IK juga berupaya memberikan pemahaman akan pentingnya penggunaan masker saat berada diluar rumah/berpergian. Seperti selalu menerapkan 3 M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Kemudian, pedagang ikan tersebut diberikan hukuman dengan push’up dan bersedia mengunakan masker disaat transaksi penjualan nanti. Selanjutnya Wakapolres pun memberikan masker bagi pedagang tersebut untuk dipakaikan.

Disela sela kegiatan berlangsung, Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan mengatakan pembagian masker ini dilakukan secara serentak oleh Polres Bangka melalui Polsek jajaran diseluruh wilayah hukum Polres Bangka.

“Sebanyak 42.450 masker kita bagikan kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,terutama di daerah Kabupaten Bangka ini,” katanya.

Dikatakannya, pembagian masker ini akan terus berlanjut hingga beberapa hari kedepan. Dengan harapan masyarakat dapat menaaati untuk selalu menggunakan masker saat berada diluar rumah maupun berpergian.

“Karena situasi covid-19 ini masih belum berakhir. Sehingga dengan memberikan masker secara gratis ini untuk menggingatkan masyarakat,agar selalu menerapkan protokol kesehatan dari covid-19. Sementara waktu ini bagi yang tidak mengunakan masker, Kita akan memberikan hukuman sosial seperti Push’up, Scot Jump, Membaca tex Pancasila bahkan menyanyikan lagu Nasional,” ujar Kapolres Bangka,AKBP Widi Haryawan. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *