PLN UIW Babel Siapkan Perencanaan Hingga 2030 Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

by

Pangkalpinang, Demokrasibabel.com – Koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Oktarizal mengapresiasi kesiapan PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Hal itu diungkapkannya dalam acara Webinar dengan mengungsung tema “Identifikasi Sektor Unggulan dalam Perspektif _Tabel Input-Output 2016_ dan Kajian Akademis untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”.

“Ini merupakan usaha luar biasa yang sudah dilaksanakan PLN UIW Babel, dengan menyiapkan perencanaan hingga tahun 2030, mengingat dalam rilis Tabel Input Output Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ketenagalistrikan merupakan salah satu sektor unggulan/kunci yang akan menjadi penggerak perekonomian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, kata Oktarizal.

Dalam kesempatan ini disampaikan perihal kesiapan Operasi sistem tenaga listrik Bangka Belitung yang mana pada sistem Pulau Bangka sudah terhubung melaui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV dengan Panjang 580 Kms dan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 3.821 Kms serta di Pulau Belitung melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70kV dengan Panjang 180,5 Kms dan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 1.790 kms sehingga mendukung pertumbuhan kehandalan pasokan ke seluruh PLN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Upaya PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjamin tersedianya suplai listrik di Bangka khususnya, PLN juga akan meyambung saluran kabel laut 150 kV dari Landing Point Tanjung Carat Kab. Banyuasin ke Landing Point Muntok Kab. Bangka Barat dengan panjang kabel laut 36 km dan akan mentransfer daya sampai 200 Mega Watt,” kata General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan.

Keterjaminan PLN menjaga pasokan listrik juga dilengkapi Pusat Control dan pemantauan kondisi kelistrikan dan peralatan _switching_ dilapangan pada semua posko layanan dengan tim mobil dan motor dengan pelayanan 24 Jam dan dilengkapi pasukan khusus PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Betegangan).

“PLN juga memberikan layanan berupa PLN Mobile, yaitu aplikasi PLN dengan bermacam fitur seperti beli token listrik, bayar tagihan, melakukan pengaduan, keluhan, mengajukan pasang baru dan tambah daya dengan mudah dan terlengkap untuk semua hal kelistrikan”, kata Amris di sela penyampain Webinar.(ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.