PKKMB UBB 2021 Hadir dengan Konsep Baru

by

MERAWANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Meski masih dilangsungkan  secara online layaknya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 lalu, namun ada sesuatu yang baru dari PKKMB Universitas Bangka Belitung (UBB) tahun 2021 ini. 

Bisa dipastikan, sesuatu yang baru ini akan membuat atmosfer PKKMB UBB 2021 yang mengangkat tema “Membentuk Mahasiswa yang Bermental, Bermoral, dan Berintelektual di Era Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”, lebih terasa berlangsung secara luring/offline. 

Pertanyaanya, apa dan bagaimana sesuatu yang baru tersebut?PKKMB UBB 2021 yang akan dimulai tanggal 3 Agustus ini akan menghadirkan virtual tour sebagai wahana menjelajahi setiap sudut dan bangunan vital kampus. 

Virtual tour ini dihadirkan tidak lain untuk menyajikan atmosfer PKKMB UBB 2021 agar menjadi terasa lebih rill. 

“Demi memaksimal sambutan dan pengenalan kampus untuk 1.423 mahasiswa baru UBB 2021, kami dari panitia PKKMB UBB sudah fokus menggarap apa yang dikenal dengan virtual tour ini sejak beberapa bulan yang lalu”, ungkap Hesty, S.Si., M.Pd. selaku sekretaris PKKMB UBB 2021.

“Adek-adek mahasiswa baru tidak perlu khawatir akan bingung mengoperasikan virtual tour ini, karena panitia sudah menyiapkan dengan detail petunjuk penggunaan aplikasi virtual tour ini”, tambah Hesty.

Jadwal dan Gambaran Rangkaian Acara PKKMB UBB 2021PKKMB UBB 2021 akan full dilaksanakan secara daring dengan dua gelombang, yakni pada tanggal 3,4, dan 5 Agustus untuk Fakultas Ekonomi dan Teknik. Sementara tanggal 11, 12, dan 13 Agustus 2021, dilaksanakan dengan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi.

Selain diajak visit kampus secara virtual (melalui aplikasi virtual tour), pada PKKMB ini para mahasiswa  akan mengikuti serangkaian sesi acara yang menarik, serta santai tapi substansial, selama kurang lebih tiga hari. Hari pertama PKKMB akan dilangsungkan di tingkat universitas, hari kedua tingkat fakultas, dan hari ketiga, spesial untuk sharing tentang pendidikan karakter.

Di hari pertama pelaksanaan, akan ada pidato pembuka dari  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,. Kemudian, akan ada sesi materi dari Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si., yang akan berbicara tentang “Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Etika Kehidupan Kampus pada Masa Pandemi”. 

Pak Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB juga akan sharing pengetahuan Beliau tentang “Sistem Pendidikan Tinggi di UBB dan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”.

Dari pihak eksternal, pada hari pertama ini panitia PKKMB UBB mengahadirkan kuliah (via video rekaman) dari pihak KOREM 045 Garuda Jaya dan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulaan Bangka Belitung. 

Melalui video rekaman, masing-masing pihak dari dua instansi ini akan berbagi pengetahuan tentang “Kesadaran Bela Negara dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” dan “Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kampus Sehat serta Manajemen Resiko, Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana di Perguruan Tinggi”.

Sementara itu, di hari kedua, acara akan difokuskan untuk memperkenalkan  dinamika aktivitas di fakultas. Mulai dari pengenalan sistem pendidikan tinggi di setiap fakultas, layanan kemahasiswaan, dinamika organisasi mahasiswa, dan dilanjutkan dengan sesi kuis.

Hari Ketiga atau hari terakhir, PKKMB akan diisi dengan sharing seputar Pendidikan Karakter (Pendikar). Para mahasiswa baru akan diperlihatkan dengan video menarik  “Profil Orang Sukses”, dan Webinar tentang “Kiat Sukses”  yang akan disampaikan oleh Bapak Nurhadi, Kepala Sub. Pokja Magang Bersertifikat dan Studi Independen Kampus Merdeka. (humas PKKMB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.