Pj Gubernur Suganda Ingatkan, Usia Paud Adalah Waktunya Anak-anak Bermain.

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu menilai kegiatan ramah anak sangat penting dilaksanakan, dengan harapan dapat menciptakan generasi muda yang lebih baik. Hal itu disampaikan Pj Gubernur Suganda dihadapan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)dan TK pada acara Open House dan Ramah Anak di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel, Kamis (07/08/23).

Menurut Pj Gubernur Suganda, anak dengan usia PAUD dan TK adalah masa mereka untuk bermain, sehingga para guru tidak harus memaksa anak-anak di dalam kelas belajar membaca dan menulis. Karena belum waktunya, di usia seperti ini waktunya untuk bermain.

“Inilah usia-usia emas, anak-anak inilah banyak menyerap informasi, pengetahuan dan mereka akan mengenal lingkungan, kalau sejak dini kita ajarkan bagaimana hidup sehat, belajar menghitung menggunakan bahasa Indonesia, Inggris walaupun sederhana guna menambahkan pengetahuan, mereka akan lebih unggul nantinya. Semoga mereka menjadi generasi emas di masa mendatang sekaligus menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045 nanti,” ujar Pj Gubernur Suganda.

Dirinya juga berpesan, kepada ibu guru kalau mengajar anak-anak PAUD harus santai, karena mereka belum waktunya untuk belajar yang sesungguhnya, usia seperti ini adalah waktunya mereka bermain. Oleh sebab itulah, Pj Gubernur Suganda bersuka ria bermain bersama anak-anak PAUD, sambil bernyanyi bersama serta bercerita tentang si kecil yang cerdas dalam upaya meningkatkan daya ingat.

“Anak-anak kita ini usia dini biarkan mereka bermain, jangan dipaksakan untuk bisa membaca dan berhitung, karena pada waktunya tiba mereka akan bisa semua itu,” tegasnya.

Sementara Bunda PAUD Maya Suganda menuturkan, kegiatan ini dalam rangkaian sosialisasi transisi PAUD ke sekolah dasar. “Kegiatan ini sangat penting, karena sosialisasi dari PAUD ke SD itu menyenangkan, sekarang ini kalau anak PAUD itu ke SD tidak harus mereka bisa membaca, karena waktu PAUD adalah waktunya mereka bermain,” jelas Bunda PAUD Maya Suganda.

Pesannya kepada guru PAUD kalau mendidik anak usia dini harus sesuai dengan umur mereka, oleh sebab itu didiklah anak-anak dengan penuh rasa cinta dan rasa kegembiraan, sehingga anak-anak tersebut tidak terbebankan waktu di sekolah.

Penulis: Hasan. A. M
Foto: Saktio
Editor: Natasya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.