Perpanjangan Izin PT Pulomas Di Muara Air Kantung Sungailiat, Bupati Bangka : Pemda Punya Hak Diskresi

by

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Terkait perpanjangan perizinan pengerukan pasir PT Pulomas Sentosa di Muara Air Kantung Sungailiat, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka mempunyai hak diskresi dan hal tersebut menganut pada Undang-Undang No 30 pasal 9 tentang administrasi media Pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangka, Mulkan SH,MH saat pertemuan dengan Pemred media dan Wartawan di rumah Dinas Bupati Bangka, Jumat (16/10).

Dikatakannya, perpanjangan perizinan pengerukan pasir PT Pulomas Sentosa tersebut mempunyai dasar hukum legal opening dari Kejaksaan. Kalaupun memang perpanjangan perizinan tersebut batal demi hukum,yah’ silahkan ajukan ke Lembaga hukum.

“Karena sebelumnya, Kita sudah menyampaikan secara aturan. Dan Kita berada ditengah-tengah, baik itu di Pemerintah maupun di Media. Kalaupun ada Media yang ada di salah satu pihak, berarti bukanlah Media yang independen. Begitu pula tentunya, Kita pun haruslah mengetahui asal usul nya perpanjangan perizinan pengerukan tersebut,” ujarnya.

Dimana, sebelumnya itu kondisi alur muara mengalami keterpurukan dengan penutupan pasir ataupun pendangkalan. Sehingga timbul keluhan para masyarakat nelayan akan aktivitas keseharian nya berlalu lalang di alur muara tersebut. Dan apabila penutupan pasir serta pendangkalan pada alur muara itu tidak dilakukan segera, otomatis masyarakat nelayan akan banyak yang terdampak.

“Lagian polemik mara ini baru dalam dua pekan ini, sehingga adanya gonjang-ganjing terkait pengerukan pasir di muara tersebut. Karena adanya perizinan mitra baru, tetapi akan hal tersebut, Kami haruslah berada ditengah-tengah,” katanya.

Selain itu, tentunya Kita janganlah selalu melihat dari kekurangan seseorang. Tetapi kalau Kita melihat dari kekurangan, pastilah orang tersebut serba kekurangan terus-menerus. Dan jika ada keresahan dengan perizinan yang telah Pemkab Bangka keluarkan tersebut, yah silahkan ke Lembaga hukum saja.

“Karena sampai saat ini,Kami belum mendapat adanya perubahan status terhadap PPN tersebut, apakah pelabuhan lokal ataukah regional,” tukas Bupati Bangka, Mulkan. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *