Perda Prokes Covid-19 Telah Disetujui DPRD Bangka dan Akan Diberlakukan

by
Penandatanganan pengesahan Raperda pada rapat paripurna diruang Mahligai DPRD Kabupaten Bangka, Kamis (31/12)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Protokol Kesehatan (Prokes) dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka tahun 2021 telah disetujui Anggota DPRD melalui rapat paripurna diruang mahligai DPRD Kabupaten Bangka, Kamis (31/12) akhir tahun 2020.

Rapat paripurna tersebut dihadiri Ketua DPRD Bangka, Iskandar Sidi, Wakil Ketua 1, Mahendra Kurniawan dan Wakil 2, Rendra Basri, Bupati Bangka,Mulkan SH,MH Sekda,Drs Andi Hudirman, OPD Pemkab Bangka dan 23 Anggota DPRD Bangka.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar Sidi mengatakan pengesahan Raperda Protokol Kesehatan (Prokes) penanganan covid-19 telah disetujui Anggota DPRD Bangka melalui keputusan rapat paripurna.

“Adapun pengesahan pada rapat paripurna DPRD ini terdiri dari 3 Raperda. Diantaranya Raperda pengelolaan Zakat, Raperda Prokes penanganan covid-19 dan Raperda pencabutan Perda tahun 2007. Ketiga Raperda tersebut sudah disampaikan Bupati Bangka sebelumnya melalui rapat paripurna DPRD Bangka dan telah dilakukan pengkajian serta pembahasan,” katanya

Iskandar berharap Raperda ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat berjalan dengan maksimal. Tentunya mengedepankan kepentingan umum dan memiliki kepastian hukum serta memberikan kemanfaatan, khususnya bagi kepentingan masyarakat.

“Terutama Raperda Prokes Covid-19 dapat menjadi payung hukum bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka untuk penanganan dampak yang ditimbulkan pandemi covid-19, baik dampak kesehatan, sosial, ekonomi dan sebagainya. Sehingga dengan berlakunya Perda Prokes tersebut dapat memberikan perlindungan masyarakat dan menumbuhkan kesadaran untuk memutuskan mata rantai covid-19 serta memberikan sangsi bagi pelanggarnya,” ujar Ketua DPRD Bangka, Iskandar Sidi.

Sementara itu, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengatakan
Perda Prokes Covid-19 ini mudah-mudahan akan diberlakukan pada bulan Januari tahun 2021. Dan nantinya akan ditegakkan semaksimal mungkin guna menekan angka kasus penyebaran covid-19 diwilayah Kabupaten Bangka.

“Dalam Perda tersebut tertera seperti pemberian sanksi bahkan pidana bagi pelanggar pada ketentuan Prokes penanganan Covid-19. Sehingga dengan adanya Perda Prokes inilah merupakan salah satu dasar untuk menegakan kedisiplinan dan memberi suatu pemahaman serta pembelajaran bagi masyarakat yang tidak berdisiplin dalam penanganan covid-19,” katanya.

Selain itu, Kita sudah melakukan sosialisasi secara persuasif bahkan secara sosial dalam menegakan disiplin untuk menerapkan Prokes bagi masyarakat. Dan ketika Perda Prokes Covid-19 ini sudah teregistrasi atau sudah disyahkan nomor registrasinya, otomatis Kita akan sosialisasikan lagi kepada masyarakat untuk berdisiplin akan Prokes Covid-19.

“Karena Kita juga tidaklah menghendaki adanya suatu penindakan terhadap masyarakat. Akan tetapi jika masyarakat tidaklah menaati apa yang telah di imbau kan, yah’ mau tidak mau Kita harus keluarkan Perda sebagai penegak kedisiplinannya,” ujar Bupati Bangka, Mulkan. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *