Pencak Silat Bupati Cup Telah Dimulai, 133 Peserta Dari 13 Perguruan Siap Berlaga

by
Atraksi pencak silat IPSI Kabupaten Bangka di GOR Orom Sungailiat, Senin (22/11) malam

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup tahun 2021 yang diselenggarakan Ikatan Persatuan Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bangka berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Orom Sungailiat telah dibukakan secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Senin (22/11) malam. 

Dipembukaan kejuaraan tersebut, Ketua IPSI Kabupaten Bangka, Erlan Hadisusanto menyampaikan kejuaraan pencak silat Bupati Cup tahun 2021 ini diikuti peserta sebanyak 133 peserta dari 13 perguruan silat yang ada di Kabupaten Bangka.

“Dikejuaraan Bupati Cup tahun 2021 ini, selain untuk kategori remaja,IPSI Bangka juga mengadakannya untuk kategori dewasa. Hal ini untuk mengukur, menseleksi sejauh mana persilatan di Kabupaten Bangka untuk mengikuti kejuaraan Porprov di Bangka Barat nantinya,” katanya.

Selain itu, untuk Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat Kabupaten Bangka tahun kemarin telah mendapatkan juara umum di Bangka Tengah (Bateng). Artinya kita pun harus mempertahankan, sehingga dengan kejuaraan seperti ini dapat melahirkan atlit pencak silat yang berprestasi. 

“Mudah-mudahan di kejuaraan ajang silahturahmi ini dapat menjadi ajang pencarian bibit-bibit atlit pencak silat yang berbakat dan handal,” harap Erlan.

Demikian, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Rozali mengatakan kejuaraan pada Bupati Cup Pencak Silat ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jasmani, rohani dan menciptakan kondisi kompetitif yang sehat serta melatih sifat sportifitas. 

“Jumlah peserta sebanyak 133 terdiri dari remaja dan dewasa, untuk kategori remaja putra 34 orang dan putri 32 orang. Untuk kategori dewasa putra 41 orang dan putri 26 orang. Pelaksanaan berlangsung dari tanggal 23 sampai 27 November 2021,” ungkap Rozali. 

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin S.IP mengatakan kejuaraan pencak silat Bupati Cup ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk olahraga, baik bagi pelajar maupun umum. Sehingga dapat dijadikan suatu wadah untuk menjunjung kemajuan Olahraga, khususnya di Kabupaten Bangka. 

“Dimana pencak silat salah satu Olahraga tradisional yang mencerminkan budaya dari bangsa Indonesia. Dan melalui kejuaraan ini pula akan menjadi event modal dasar sebagai pengembangan prestasi dan pengalaman yang berharga menjadi atlit terbaik dan berbakat,” katanya.

Selain itu, kalah dan menang itu biasa didalam pertandingan,akan tetapi jadikanlah kekalahan maupun kemenangan itu sebagai pengalaman.

“Melalui kejuaraan Bupati Cup ini pula diharapkan dapat menciptakan talenta dan melahirkan atlit berprestasi yang akan mengharumkan Kabupaten Bangka di event yang lebih tinggi nantinya, baik lokal, nasional maupun internasional. Selamat bertanding dan junjung tinggi sportifitas,”ujar Wakil Bupati Bangka, Syahbudin.

Pembukaan kejuaraan pencak silat Bupati Cup 2021 ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin. Dan dihadiri Ketua IPSI Provinsi Babel, Ketua KONI Bangka,Ketua KONI Bangka Selatan, Ketua Perguruan Silat Pulau Kelapa, Kadis Kominfotik Bangka, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bangka, Kadispemdes Bangka, Dirut PDAM Bangka. (Suyanto) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.