Pemkot Pangkalpinang Siapkan Masa Transisi Sekolah Tatap Muka Tingkat SMP

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Terkait Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Pangkalpinang bersiap untuk melaksanakan masa transisi pembelajaran di sekolah dengan sistem tatap muka untuk tingkat sekolah menengah pertama pada bulan September.

Kabar ini disampaikan Plt Kadis Dikbud Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi, sesaat setelah pelaksanaan kegiatan diskusi Pembelajaran Tatap Muka pada Aktivitas Kehidupan Baru di Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Wilayah Kota Pangkalpinang, Rabu (19/8/20) di Ruang Rapat Dinas Dikbud Kota Pangkalpinang.

“Prinsipnya semua merekomendasikan sesuai SKB 4 Menteri tersebut dan kebetulan Pangkalpinang memasuki ‘zona kuning’, artinya bisa membuka aktivitas sekolah. Namun sebelum kita buka protokol kesehatan perlu kita persiapkan dengan baik disatuan pendidikan. Untuk satu bulan awal (September) masa transisi kita buka untuk SMP,” kata Eddy

Dibukanya suatu sekolah didahulukan dengan catatan pengajuan proposal kesehatan, untuk melihat sejauh mana kesiapan sekolah yang bersangkutan. Setelah mengajukan proposal kesehatan maka Disdikbud Kota Pangkalpinang akan melakukan supervisi kepada satuan pendidikan tersebut.

Terkait dengan kurikulum Disdikbud Kota Pangkalpinang akan mengatur formulasinya dengan baik . Pelaksanaan pembelajarannya tidak dibuat untuk mengejar kurikulum yang telah beberapa bulan terlewati, tetapi pembelajarannya yang akan disesuaikan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru, mengingat setelah sekian lama siswa tidak bersekolah.

“Rencananya menurut perhitungan kita akan kami rumuskan dan akan kami cek ricek ke satuan pendidikan. Setelah itu baru kita lihat sekolah mana yang sudah siap bisa kita simulasikan masa transisi,” lanjut Eddy

Setelah pelaksanaan masa transisi sekolah tatap muka tingkat SMP ini dipandang berhasil menurut pemantauan tim Disdikbud Kota Pangkalpinang, Dinkes dan stakeholder yang terkait, maka kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pembelajaran tatap muka pada Aktivitas Kehidupan Baru.

Dan berikutnya akan dilanjutkan dengan simulasi masa transisi sekolah tatap muka tingkat sekolah dasar (SD), dan jenjang dibawahnya, yaitu TK dan PAUD secara bertahap. Yang terpenting dalam pelaksanaan masa transisi sekolah tatap muka ini adalah mengikuti protokol kesehatan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (Bagja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *