Pemkot Pangkalpinang Dukung Pokdarwis Mengembangkan Destinasi Wisata Baru

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengembangkan destinasi wisata baru yang ada di kota itu.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro, Kamis, mengatakan sesuai aturan seharusnya Pokdarwis punya wewenang dalam mengembangkan destinasi wisata di sebuah daerah.

“Secara aturan Pokdarwis berhak mengembangkan destinasi wisata di sebuah daerah, sehingga peraturannya harus dikuatkan lagi agar Pokdarwis bisa berkembang dan lebih maju,” katanya.

Selain itu kata Dia, kedepannya bagaimana semua elemen yang ada harus dirangkul agar menjaga satu kekuatan menuju kekuatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Sekertaris Bappeda Kota Pangkalpinang, M Belly turut mendukung Pokdarwis jika akan membangun pusat ekonomi kreatif baru untuk penguatan ekonomi masyarakat.

Ia juga berharap pertemuan ini bisa menjadi pondasi awal untuk membuat study kelayakan agar program Kelompok Sadar Wisata ini bisa berjalan.

“Pertemuan ini menjadi pondasi awal, kedepan dinas harus segera membuat study kelayakan program tersebut. Bila perlu hari ini harus ada pengajuan study tentang destinasi wisata baru berbasis UMKM dan wisata buatan,” katanya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Kota Pangkalpinang, Ahmad Wahyudi merasa bersyukur atas tanggapan positif pemerintah kota terhadap program kelompok sadar wisata.

“Kami ucapkan terimakasih atas tanggapan positif yang diberikan oleh tiga OPD di lingkungan Pemkot Pangkalpinang. Semoga ini jadi awal kebangkitan ekonomi masyarakat pasca COVID-19 ini,” katanya

Ia berharap kedepan sinergi dalam membangun Kota Pangkalpinang akan lebih baik dengan adanya komunikasi awal seperti ini.

“Kelompok sadar wisata siap bersinergi dengan pemerintah dan organisasi masyarakat yang lain dalam mengembangkan destinasi wisata baru di setiap kecamatan,” ujarnya.(tmh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *