Pemkab Bangka Tengah Siapkan 500 Polis Asuransi Untuk Nelayan

by

KOBA, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah tahun ini akan menyiapkan sebanyak 500 polis asuransi untuk para nelayan sebagai bentuk jaminan santunan kecelakaan kerja bagi warga pesisir, sekaligus sebagai bentuk perhatian pemerintah kabupaten itu kepada para nelayan.

“Premi asuransi ini diberikan sebagai bentuk jaminan santunan bagi para nelayan jika terjadi kecelakaan selama beraktivitas menangkap ikan,” kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Rabu, (9/6).

Dalam sambutannya Algafry Rahman, S.T., mengatakan bahwa nelayan merupakan bagian penting dalam sektor kelautan dan perikanan yang harus terus dijadikan prioritas.

“Banyak tantangan pekerjaan yang dialami oleh para nelayan serta faktor risiko profesi yang cukup tinggi dapat mengancam keselamatan bahkan jiwa nelayan saat harus melaut,” ujarnya.

Ia menjelaskan premi asuransi nelayan tersebut sepenuhnya ditanggung pemerintah daerah melalui APBD selama satu tahun berjalan.

“Penerbitan premi dilakukan secara bertahap dan hari ini baru sebanyak 127 kartu asuransi nelayan yang diserahkan kepada nelayan yang tersebar pada seluruh kecamatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan premi asuransi yang ditanggung berupa kecelakaan berat dan meninggal dunia saat menjalankan aktivitas sebagai nelayan.

“Pemerintah daerah bekerja sama dengan PT Jasindo sebagai lembaga yang menyediakan produk asuransi bagi nelayan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan Kabupaten Bangka Tengah Taufik mengatakan penerbitan dan penyerahan kartu asuransi nelayan dilakukan secara bertahap.

“Ini pemberian kartu asuransi tahap pertama dengan sasaran sebanyak 127 nelayan, nanti diteruskan dengan tahap berikutnya dengan target sebanyak 500 kartu asuransi nelayan,” ujarnya.

Ia mengatakan kartu asuransi nelayan merupakan program dari Kementerian KKP yaitu program Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan (BPAN).

“Tentu saja harapan kami dengan adanya asuransi jiwa bagi para nelayan, mereka merasa terjamin dan lebih tenang dalam melaut,” ujarnya.(adv/tmh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.