Pemkab Bangka Gowes Ke Batu Ampar Merawang,Tanam 1000 Pohon Bakau

by
Pemkab Bangka gowes dan menanam pohon bakau di Pantai Batu Ampar, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Sabtu (08/08)

MERAWANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka, Bupati Bangka, Mulkan SH, MH bersama OPD Pemkab Bangka dan para komunitas sepeda Gowes menuju ke wisata Pantai Batu Ampar, Dusun Tanjung Ratu Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Sabtu(08/08).

Kegiatan berwisata sambil berolah raga yang dinamakan “Bangka Setara Gowes” ini di mulai dari Rumah Dinas Bupati Bangka menuju ke wisata Pantai Batu Ampar Merawang.

Sesampai ditujuan Pantai Batu Ampar Merawang, Bupati Bangka, Mulkan bersama rombongan sempat senam berdincak bersama, kemudian melakukan penanaman sebanyak 1000 pohon bakau dipinggir pantai tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengatakan kegiatan berwisata sambil berolahraga Gowes ini sudah rutinitas Kita lakukan secara kebersamaan. Sekaligus juga Kita memperingati Hari Ulang Tahun Mangrove sedunia pada 26 Juli 2020 Kemarin.

“Jadi bukan hanya kegiatan berolahraga sambil berwisata saja, tetapi bagamana pula kegiatan ini bermanfaat langsung bagi masyarakat, seperti penanaman pohon bakau ini. Dan kegiatan semacam inilah yang harus dilakukan secara terus menerus,” katanya saat diwawancarai di Pantai Batu Ampar,Kecamatan Merawang, Sabtu (08/08).

Selain itu, kerusakan daripada hutan, terutama hutan mangrove di Kabupaten Bangka lumayan parah. Seperti karena penambangan ilegal yang tidak teraturkan sampai saat ini.

“Jadi dengan penanaman kembali pohon mangrove ini, Kita harapkan kepada kelompok tani hutan timur dapat menjaga dan memelihara pohon mangrove yang Kita tanamkan hari ini. Semoga hutan mangrove di Kabupaten Bangka ini dapat dilestarikan kembali dengan banyaknya penanaman tentunya,” ujarnya.

Dikatakannya, dengan kembali lestarinya hutan mangrove ini, tentunya akan menjadi daya tarik bagi income masyarakat Kita, khususnya di Kabupaten Bangka ini. Sekaligus menjadikan tempat wisata penambahan suatu Pendapatan Aset Daerah (PAD).

“Untuk itu, marilah kita jaga dan pelihara secara bersama keberadaan pohon bakau dipantai Batu Ampar ini dan tempat lainnya. Karena hutan mangrove ini sangat besar manfaat yang dapat kita rasakan nantinya. Jika hutan mangrove kembali tumbuh, maka akan menjadi tempat berkembang biak nya ikan-ikan, kepiting, udang dan sebagainya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak,” pungkas Bupati Mulkan. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *