Pemdes Cupat Bangka Barat Studi Banding Di Desa Bukit Layang

by
Foto bersama dengan rombongan Pemdes Cupat dilahan eks tambang Dusun 7 Cungfo Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Jumat (06/11)

BAKAM, DEMOKRASIBABEL.COM – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Desa (Pemdes) Cupat Kecamatan Paritiga Bangka Barat (Babar) berkunjung guna studi banding di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Jumat (06/11).

Kepala Desa (Kades) Bukit Layang, Andry mengatakan kunjungan studi banding tersebut berkaitan dengan program dan kegiatan yang ada di Desa Bukit Layang. Dengan jumlah personil sebanyak 16 orang terdiri dari Pemdes, BPD dan PKK Desa Cupat.

“Studi banding tersebut guna mempelajari akan transparansi daripada Anggaran Desa Bukit Layang,baik dari perencanaan, pengelolaan hingga pertanggungjawabannya,” katanya melalui rilis pesan whatsapp, Jumat (06/11) sore.

Selain itu, mereka melihat dan mempertanyakan akan kekompakan antara BPD dengan Pemdes Bukit Layang beserta PKK dalam membangun Desa dan UMKM. Dan mereka pun mempelajari pemanfaatan lahan eks tambang menjadi agro wisata (wisata terpadu).

“Jadi Kita sebagai putra dan putri Desa, kalau bukan Kita yang akan membangun Desa itu, terus siapa lagi. Tentunya mengesampingkan ego demi kesejahteraan masyarakat untuk mendukung, mengawal disegala kebijakan pro bagi masyarakat Desa,” paparnya.

Lebih lanjut, keterlibatan perempuan akan persamaan Gender dalam membangun Desa tentunya mereka turut membantu seperti mensosialisasi, pelatihan, kunjungan kerja, permodalan hingga pemasaran produk Desa.

“Menjadi pemimpin itu haruslah berani berkorban dan membuat gebrakan yang baru. Tentunya membuat masyarakat berpikir positif, seperti lahan yang tidak produktif, Kita kelolahkan menjadi lahan produktif. Nah’ hal ini tentunya masyarakat akan mendapat profit atau keuntungan. Filosofi hidup itu bukan tentang siapa yang terbaik, namun tentang siapa yang mau berbuat baik,” pungkas Andry. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *