Pembangunan Infrastruktur Jalan Ini Sempat Belum Tampilkan Plang Papan Proyek, Kini Sudah Terpampang

by

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Sebelumnya salah satu pembangunan infrastruktur jalan yang ada di lingkungan Parit 4 Sinpalet, Kelurahan Kuday Selatan, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka ini sempat belum menampilkan plang papan proyek dan pekerjaannya pun sudah dimulai. 

Dimana, salah satu peraturan telah menerapkan dengan mewajibkan pemasangan papan proyek pengumuman oleh para pelaksana proyek sesuai dengan prinsip transparansi anggaran. Dan hal tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) maupun Undang-Undang (UU). 

Papan proyek merupakan plang informasi yang bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Sehingga keterbukaan ataupun transparansi dimulai sejak tender (lelang proyek) dilakukan, termasuk tender proyek yang dilakukan dibadan publik. 

Namun, jika dilapangan tidak menampilkan plang papan proyek, tentunya sudah jelas melanggar peraturan bahkan patut diduga proyek tersebut tidak melaksanakan sesuai prosedur sejak awal. Seperti pada pembangunan infrastruktur pada jalan ini, sebelumnya dilapangan hanya ada papan “hati-hati ada pekerjaan” saja. 

Kepala Lingkungan (Kaling) Parit 4 Sinpalet, Kuday Selatan, Jinhiung mengatakan pembangunan infrastruktur jalan itu mengunakan dana dari provinsi. Mengenai plang papan proyeknya itu belum selesai dicetakkan dan hari ini,Senin (13/09) baru mau dicetakkan dari percetakannya. 

“Kalau jalan tersebut dibangun, kan lebih bagus, apalagi kita sudah beberapa tahun lalu berjuang meminta pembangunan jalan itu. Dimana setiap rapat musrembang, kita pun selalu ikut dan baru pembangunan jalan inilah yang jebol di Sinpalet ini,” kata Jinhiung saat dihubungi melalui HP, Senin (13/09) sore. 

Sementara itu, terpantau dilapangan hari ini Selasa (14/09) siang, pembangunan Jalan di lingkungan Kuday Sungailiat tersebut sudah menampilkan plang papan proyek dengan nilai kontrak Rp. 795.961.000,00 dari sumber dana APBD tahun anggaran 2021. Dan mulai tanggal kontrak 06 September 2021 sampai masa pelaksana 105 hari kalender. (Suyanto) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *