Pekan Kreatif Habang: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Bangka Selatan

by

Bangka Selatan, Demokrasibabel.com – Kabupaten Bangka Selatan menjadi tuan rumah acara besar, Pekan Kreatif Habang, yang digelar pada 6 dan 7 November 2023 di Balai Wisata Simpang Lima Habang. Inisiatif dari Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauaan Bangka Belitung.

Habang Creatif Week, yang berlangsung selama dua hari, dirancang sebagai wadah bagi pelaku ekonomi kreatif lokal. Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Firmasnyah, melalui Kabid Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan SDM Dispora, menyatakan bahwa tujuan utama acara ini adalah memberikan kesempatan kepada generasi muda yang bergerak dalam bidang ekonomi kreatif untuk berkembang.

Rangkaian kegiatan mencakup kompetisi burung murai, fashion show ibu dan anak, lomba menggambar, festival musik etnik, pameran ekonomi kreatif, lomba kajian kuliner dan kompetisi pembuatan video pendek.

Muhamad Tatang, Kabid Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan SDM Disparpora, menjelaskan bahwa pemerintah daerah merespons kebutuhan para pelaku ekonomi kreatif dengan memberikan fasilitas yang diperlukan untuk mendukung perkembangan mereka.

Tatang berharap Pekan Kreatif Habang bukan hanya menjadi awal dari pengembangan industri kreatif di Kabupaten Bangka Selatan, tetapi juga dapat meningkatkan daya saingnya secara berkesinambungan. Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, sekaligus memperluas pemahaman tentang potensi industri kreatif di daerah ini, seiring dengan program Presiden Joko Widodo.(Johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.