Peduli Lingkungan, _Volounteer_ PLN UPK Babel Bersama Masyarakat Bersihkan Sampah di Pantai Karang Emas Air Anyir

by

Pangkalpinang, Demokrasibabel.com – PT PLN (Persero) Unit Pembangkitan (UPK) Bangka Belitung dan PLN Nusantara Power Service (PNPS) dalam perannya menjaga kelestarian lingkungan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Air Anyir, Ibu PKK desa Air Anyir, Karang Taruna, Kelompok Tani, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Polisi Air san Udara (Polairud) bersama-sama melakukan aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampai disepanjang pantai Karang Emas Desa Air Anyir, Bangka.

Kegiatan ini melibatkan seluruh pegawai PLN UPK Babel sebagai wujud komitemen PLN terhadap isu lingkungan, salah satunya dalam pelaksanaan Program Employee Volunteer Kemasyarakatan. Kegiatan tersebut dilakukan di Pantai Karang Emas, Air Anyir. Kegiatan ini sekaligus menjadi edukasi terkait pentingnya menjaga lingkungan bagi masyarakat.

Ikut berkolaborasi bersama PLN, Komandan KP. Hayabusa-3008 Direktorat Kepolisian Air Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri, Iptu Lucky Wardhana mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh PLN ini yang melibatkan banyak unsur dari masyarakat khusunya diseputaran Desa Air Anyir ini.

“Kami sangat berterimakasih sudah diajak berkolaborasi dalam kegiatan Employee Volunteer Kemasyarakatan PLN dengan agenda bersih-bersih sampah di Pantai Karang Emas. Kami sangat mengapresiasi dan antusias atas terlaksananya kegiatan ini, kalau bisa aktivitas seperti ini bisa diadakan rutin untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan melindungi ekosistem laut dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik”, ungkap Iptu Lucky.

Selain itu Kepala Desa Air Anyir, Syamsul Bahari meyampaikan masalah sampah bukanlah tanggung jawab satu pihak saja melainkan tanggung jawab kita bersama. Dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

“Apresiasi kami kepada PLN yang telah mengajak berkolaborasi bersama dalam kegiatan pembersihan sampah disepanjang pantai Karang Emas Air Anyir ini, saya mengajak seluruh warga desa, seluruh masyarakat dan organisasi lainnya untuk terus berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan bersama-sama mengedukasi seluruh pengunjung pantai Karang Emas Air Anyir peduli terhadap kebersihan lingkungan pantai kita”, Sebut Syamsul.

Manager PLN UPK Babel, Wayan Budi Laksana menyampaikan kegiatan ini salah satu bentuk PLN peduli terhadap lingkungan tempat wisata.

“Kegiatan ini salah satu bentuk kecil bagi kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, terutama lingkungan pantai yang merupakan juga tempat wisata bagi masyarakat. Harapannya kegiatan ini menjadi inspirasi dan budaya baru masyarkat dan pengunjung untuk memperhatikan kebersihan lokasi pantai sehingga meningkatkan pengunjung/wisatawan pantai Karang Emas dan menggerakkan UMKM disana yang dapat menggerakkan perekonomi masyarakat”, tegas Wayan

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Mohammad Munief Budiman menyampaikan keberlanjutan lingkungan adalah pondasi penting untuk masa depan yang lebih baik. Melalui kegiatan aksi peduli lingkungan yang kita selenggarakan, kita tidak hanya mengambil langkah kecil untuk membersihkan pantai, tetapi juga mengambil langkah besar menuju perubahan positif yang berkelanjutan.

“Saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh karyawan, pemerintah Desa, komunitas lokal, aparat dan para relawan yang telah berkolabirasi dalam kegiatan ini. Aksi pembersihan pantai ini adalah salah satu dari banyak inisiatif yang PLN lakukan untuk mendukung lingkungan. PLN memahami bahwa sampah plastik dan polusi laut adalah masalah serius yang memerlukan perhatian dan tindakan nyata. Oleh karena itu, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, PLN terus berusaha memberikan kontribusi nyata untuk mengatasi masalah ini. Saya yakin bahwa dengan melanjutkan upaya ini secara konsisten, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat, tidak hanya untuk kita sendiri tetapi juga untuk generasi mendatang”, pungkas Munief.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.