Peduli Disabilitas dan Lansia, Pemkab Basel Salurkan Bantuan Sembako

by

TOBOALI, DEMOKRASIBABEL.COM – Sebagai bentuk kepedulian terhadap Disabilitas dan lanjut usia, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan menyalurkan batuan sosial sembako kepada dua katagori tersebut di tiga kecamatan yang ada di daerah itu.

Sebanyak 300 paket sembako diberikan kepada disabilitas dan lanjut usia (Lansia) di kecamatan Toboali, Tukak Sadai, dan Airggegas. Penyerahan secara simbolis diberikan langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer kepada 15 perwakilan penerima bantuan sembako.

Adapun isi paket sembako terdiri dari beras 15 kilogram, ikan kaleng sebanyak 3 kaleng, Gula 3 kilogram, Susu tiga kaleng, minyak sayur 3 Kilogram, dan Gandum 2 kilogram.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer mengatakan, disela-sela dana yang terbatas dan dana yang sudah digunakan untuk penanganan Covid-19, pemerintah kabupaten Bangka Selatan melalui dinas terkait bisa berbagi kepada masyarakat khususnya penyandang disabilitas dan juga lanjut usia.

“Bantuan sembako ini kita berikan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada orang- seperti ini (disabilitas dan lansia) yang tidak bisa berbuat banyak, kalau pun sehat dengan ekonomi yang saat ini juga susah tentu butuh bantuan dari pemerintah walaupun tidak begitu besar namun sesuai dengan standar yang telah diatur,” ujar Justiar kepada wartawan, Selasa 29 September 2020.

Ia berharap bantuan yang diberikan ini tepat sasaran, dan dapat bermanfaat serta meringankan beban bagi masyarakat khususnya disabilitas dan juga lansia ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Untuk di Kecamatan Toboali ada 73 orang penerima manfaat, Kecamatan Tukak Sadai 95 orang dan Kecamatan Airgegas 135 orang. Bantuan ini bersumber dari APBD dengan total Rp 150 juta. Jadi setiap paket sembako ini senilai Rp 500 ribu,” ujar dia.

Sementara itu, Rojulat 67 tahun warga parit 1 Desa Keposang mengucapkan terimakasih atas bantuan dan kepedulianĀ terhadap masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Saya merasa sangat senang, dan dengan bantuan ini tentunya dapatĀ  memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar dia.(dya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *