OPINI : KONSERVASI BAKAU (MANGROVE)

by

Nama : Ahmad Juliyanta W

NIM    : 210641035

Prodi  : Konservasi Sumber Daya Alam                                                                                                                      
Bakau (Mangrove) merupakan habitatnya di Derah Aliran Sungai (DAS), bakau (mangrove) harus kita jaga dan di lestarikan, kenapa? karena habitat bakau (mangrove) sudah banyak yang di rusak akibatnya pertambangan iligal dan sampah plastik. Banyak kita jumpai di bakau (mangrove) ada fauna dan flora yang harus kita lindungi juga.Kenapa ? Karena takut habita  tumbuhan dan satwa itu menjadi punah. 

Bakau (Mangrove) salah satu menjdai ekonimi bagi masyarakat sekitar dan ekowisata. Ekosistem yang terjadi pada bakau (mangrove) bisa menahan abresai pantai. Bakau harus kita lestrikan dan di jaga , karena bakau penting bagi generasi muda dan masyarakat , bakau (mangrove) bisa menjadi ekonomi bagi masyarakat. Ekosistem hutan bakau (mangrove) memiliki perasan yang sangat besar , salah satunya mencegah abrasi laut dan gelombangan besar.

Pohon bakau (mangrove) salah satu mempunyai beragam manfaat pada lingkungan. Bakau (mangrove) merupakan tumbuhan yang unik di karenalkan  bisa hidup di darat dan di laut. Generasi muda dan masyarakat harus membudidayakan sesuai dengan perawatan yang tepat. Dalam melestarikan Hutan Bakau (mangrove), itu artinya generasi muda dan masyarakat terus menjaga keseimbangan lingkungan, tetapi banyak nya isu-isu lingkungan pada saat ini, kita sebagai generasi muda harus membuat namanya program bibitan  dan budidaya bakau (mangrove).

Upaya penyebab terjadianya bakau (mangrove) yang rusak di sekitaran Provinsi Kepuluaan Bangka Belitung yaitu :

1.Adanya Pertambngan ilegal.
2. Adanya Sampah Plastik.
3. Adanya Penebangan hutan.

Upaya penyelamatan bakau ( mangrove ) yang ada di Provinsi Kepuluan Bangka Belitung yaitu :

1.Program penanaman pohon bakau dengan adanya edukasi bersama masyarakat.
2. Membudidayakan Pohon bakau dan Satwa yang ada di bakau.
3. Harus peratuhi UU yang berlaku di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan

Kawasan bakau memiliki manfaat bagi lingkungan  yang di sekitar tempatnya pada tumbuhannya yaitu :

1.Memberi NutrisiNutrisi
2. Sebagai rantai makanan
3. Air disekitar menjadi jernih
4. Melindungi pantai
5. Tempat berlabuh kapal
6. Dapat di jadikan sebagai kayu bakar

Kawasan bakau memiliki manfaat hutan yang secara umunya yaitu :
1. Mencegah erosi pantai
2. Menjadi katalis tanah dari air laut
3. Habitat berikanan
4. Memberikan dampak ekonomi yang luas
5. Sumber pakan ternak
6. Mencegah pemanasan global
7. Sumber pendapatan bagi nelayan
8. Menjaga kulitas air dan udara
9. Pengembangan kawasan pariwisata
10. Menyediayakan sumberkayu bakar
11. Pengembangan ilmu pengetahuan
12. Menjaga iklim dan cuaca

Dalam pohon bakau memilliki manfaat di area bidang kesehatan yang bisa mengobari penyakit dalam yaitu :
1. Diare
2. Kusta
3. Demam
4. Sakit gigi
5. Melancarkan haid
6. Diabites
7. Sakit ginjal
8. Kaki gajah

Bakau ( Mangrove ) memiliki hutan yang unik bagi lingkungan , segala sesuatu pada pohon bakau banyak yang manfaat nya bagi masyarakat khusus nya untuk di Provinsi Kepuluan Bangka Belitung. Mari kita menjaga pohon baku (mangrove) dan merawat kembali pohon bakau yang sudah rusak akibat pertambangan ilegal. Kita sebagai penerus pemuda yang ada di Serumpun Sebalai ,mari mengajak pemuda yang perduli terhadap lingkungan kita ini.

Kementerin Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiki dasar hukum yang kuat pada terjadi nya kerusakan hutan bakau ( mangrove ). Adapun dasar hukum pada pelindungan badan hukum atas pengolahan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya yaitu ,Undang – udang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ( UUDN-RI Tahun 1945 ) Pasal 33 ayat (3) Mengatur bahwa : Bumi dan air dan kekayaan alam yang tergandung  di dalamnya di kuasai oleh Negara dan digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dalam pasal 46 Undang-undang No. 41 Tahun 1999 tentang kehutanan, pelindungan hutan dan konservasi alam bertujuan menjaga hutan,kawasan hutan dan lingkungannya,agar fungsi lindung, fungsi konservasidan fuksi produksi tercapai secara optimal dan lestari.

Bangka Belitung memiliki kekayaaan alam yang indah, tetapi sumber daya alam udah banyak terjadi kerusakan , hutan , satwa dan tumbuhan. Sebagaimana besarnya Bangka Belitung memiliki ekonomi terbesarnya ialah timah dan ladah. Masyarakat Bangka Belitung kurang memahami terjadinya kerusakan alam di sekitaran tempat tinggalnya. Yang ada di Daerah Aliran Sungai banyak bakau terjadinya kerusakan pada ekosistemnya.

Dari akibat adanya oleh penambangan yang belasung dengan tidak ada surat izin penambangannya, dikawasan hutan bakau ( mangrove ) banyak juga kerusakan dengan adanya sampah di Daerah Aliran Sungai. Ini lah yang terjadi pada Bangka Belitung , sendiri dengan kurang nya kesadaran masyarakat malaupun kurang adanya kesadaran pemuda ujung tombak bagi kelestarian alam di Bangka Belitung. Jadikan sebuah kawasan hutan bakau (mangrove) sebuah ekonomi dan pariwisata bagi masyarakat sekitaran Provinsi kepuluan Bangka Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.