MoU Pemprov Babel dengan UPI, Bentuk Support Gubernur Erzaldi terhadap Pendidikan

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi salah satu bentuk support dan kepedulian Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman terhadap pendidikan yang ada di Babel.

Selama lima tahun menjabat, tentu banyak gebrakan dan inovasi, serta dukungan nyata Gubernur Erzaldi terhadap pendidikan yang ada di Babel. Terlebih lagi, Babel di tahun 2025, dikatakan memasuki era industrialisasi. Di mana, sudah dikatakan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa Babel sudah mulai harus berbenah dan mempersiapkan diri, karena mulai 2024 semua hasil alam seperti timah, harus diolah langsung oleh daerah penghasilnya.

“Bapak/Ibu, ada beberapa sektor yang mulai saat ini perlu kita perhatikan, di antaranya: pertanian, sumber daya mineral (timah), perikanan, pariwisata, dan perkebunan. Untuk itu, agar pemanfaatan peluang pada sektor-sektor ini lebih maksimal, maka perlu juga lulusan terkait sektor tersebut. Makanya saya tekankan lagi, agar anak-anak kita berkembang, minta untuk diarahkan ke jurusan-jurusan yang bukan pada umumnya,” ujar Erzaldi dalam sambutannya di Swiss Bell Hotel, Selasa (10/5/22) yang dihadiri oleh Kepala Sekolah se-Babel.

Gubernur Erzaldi juga meminta pihak UPI dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang memang telah bekerja sama dalam hal pendidikan di Babel, untuk membantu para guru dan kepala sekolah di Babel agar bisa membaca peluang.

“Sayang sekali jika peluang atas potensi ini tidak bisa kita tangkap. Untuk itu kita harus mempersiapkan guru-guru kita, kepala sekolah kita, di mana mereka harus mampu membaca peluang ke depan. Nanti kita akan berangkatkan lima orang guru untuk S3, dan 15 orang lagi S2,” katanya.

Selain fasilitas, sarana dan prasarana, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengajar pun sangat penting dalam hal menghadapi era industrialisasi ini. Ditekankan oleh Gubernur Erzaldi, bahwa pengajar-pengajar ini harus mengambil jurusan yang spesifik, dan bukan yang umum dan biasa-biasa saja.

Selain penandatanganan MoU oleh Kepala Dinas Pendidikan Babel Ervawi, juga dilakukan pelantikan 16 orang pengurus IKA UPI Komisariat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022-2027 oleh Adang Suherman selaku Wakil Rektor I UPI dan Ketua Bidang Olahraga Pengurus Pusat Ikatan Alumni UPI.

Penulis: Intan Pitaloka
Foto: Lulus
Editor: Lisia Ayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.