Meningkatnya Angka Positif, Ini Imbauan Satgas Covid-19 Bangka

by
Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Meningkatnya angka terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bangka terus bertambah dan hari ini sebanyak 17 orang, hingga total saat ini sebanyak 454 orang dan diantaranya sudah sembuh 335 orang. Artinya masih 115 orang yang masih menjalani isolasi serta karantina dan 4 orang meninggal dunia.

“Dari 115 orang tersebut, perinciannya yakni dari Kecamatan Sungailiat 19 orang, Mendobarat 54 orang, Belinyu 14 orang, Merawang 6 orang, Pemali 14 orang, Riausilip 7 orang dan Puding Besar 1 orang. Dan 4 orang meninggal dunia yakni 2 orang dari Kecamatan Belinyu dan 2 orang dari Kecamatan Mendobarat,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra melalui voice WhatsApp, Rabu (16/12) sore.

Meningkatnya angka terkonfirmasi positif covid-19 tersebut, Boy menghimbau kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka untuk selalu melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) 3M dengan baik dan benar seperti yang di anjurankan Pemerintah sebelumya. Karena dengan menerapkan Prokes salah satu upaya untuk menghindari penyebaran wabah covid-19.

“Jadi gunakan masker ketika beraktivitas keluar rumah ataupun hendak berpergian. Menjaga jarak dengan sesama dari tempat keramaian dan selalu mencuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir, baik sebelum maupun sesudah aktivitas,” imbaunya.

Selain itu, bagi pelaku perjalanan dapat melakukan isolasi mandiri dirumah dan dihari ke 10 dapat melakukan rapid test di Puskesmas masing-masing wilayah tempat tinggal. Kemudian kalau ada Saudara maupun tetangga yang sedang sakit, diharapkan dapat dibawa ke rumah sakit.

“Hal itu guna menghindari penularan wabah covid-19, baik itu dari lokal maupun kontak erat dengan terkonfirmasi positif sebelumnya,” katanya

Dikatakannya, meningkatnya angka terkonfirmasi positif covid-19 dari Kabupaten Bangka sendiri menyebabkan tempat karantina di Provinsi Babel yakni di Balai Diklat dan Asrama Haji sudah penuh.

“Sehingga Kabupaten Bangka sudah mempersiapkan tempat karantina. Yakni di RSUD Eko Maulana Ali Belinyu sebanyak 18 ruangan, di RSUD Syafie Rahman Puding Besar 15 ruangan, RSUD Depati Bahrin Sungailiat 5 ruangan dan kerjasama dengan PT Timah Tbk di mess sebanyak 12 ruangan,” ujar Boy. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *