Memasuki Bedukang Desa Deniang, Kini Ada Posko Pemantau Prokes Covid-19

by
Posko pemantau Prokes covid-19 di Dusun Bedukang, Desa Deniang, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka

RIAUSILIP, DEMOKRASIBABEL.COM – Meningkatnya angka terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bangka beberapa hari belakangan, khususnya diwilayah Dusun Bedukang Desa Deniang, Kecamatan Riausilip hingga mencapai 36 orang, Kini Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka telah membuat Posko maupun portal keluar masuk masyarakat atau tamu berkunjung.

Informasi ini disampaikan Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka melalui Juru Bicara (Jubir), Boy Yandra di Rumah Dinas Bupati Bangka, Senin (09/11).

Dikatakannya, posko ataupun portal tersebut guna memantau terhadap orang setempat yang hendak keluar maupun yang masuk wilayah tersebut. Dan keluar masuknya daerah tersebut diwajibkan mematuhi dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) covid-19,terutama wajib mengunakan masker seperti yang sudah dianjurkan sebelumnya.

“Posko tersebut, Kita sudah melibatkan Tim Satgas Covid-19 Kecamatan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, TRC dan Relawan. Dan di posko tersebut akan ditempati perawat medis ataupun dokter serta dapur umum,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Desa setempat untuk sementara ini sudah menutup masuknya warga luar Bangka ke daerahnya. Dan masyarakat setempat sendiri diizinkan keluar masuk dengan mencatatkan diri dalam buku keluar masuk di posko.

“Berikutnya Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka akan menyalurkan bantuan sembako sebanyak 140 Kartu Keluarga (KK) untuk membantu masyarakat Dusun Bedukang. Kemudian BPBD Bangka tetap melakukan penyemprotan cairan disinfektan diseluruh daerah Dusun Bedukang yang tersentuh terkonfirmasi positif sebelumnya. Begitu pun Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka akan melakukan rapid test massal serta test swab pada 11 November ini,” ungkapnya.

Boy berharap,dengan adanya karantina wilayah ini, penanganan penyebaran wabah covid-19 didaerah tersebut dapat segera diputuskan mata rantai nya. Dan masyarakat setempat dapat secara kooperatif untuk mengikuti rapid test massal nanti.

“Marilah Kita bersama-sama mengikuti SOP Covid-19, tentunya melaksanakan dan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) covid-19 dengan baik dan benar. Dengan mengunakan masker ketika hendak berpergian ataupun beraktivitas keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir dan menjaga jarak dari tempat kerumunan. Sehingga Kita dapat lebih leluasa menjalani kegiatan sehari-hari secara produktif,” pungkas Boy. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *