Melati Erzaldi Ajak Ibu-Ibu Gunakan Kompor Induksi

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Istri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengajak ibu-ibu di daerah memulai gaya hidup pintar (smart living) dengan masak menggunakan kompor induksi.

“Di tengah kesibukan Bapak, terkadang saya harus menyediakan makanan yang cepat untuk disajikan. Itu sebabnya, sudah sejak lima tahun lalu saya memasak menggunakan kompor induksi,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi.

Menurutnya kompor induksi memiliki desain yang modern. Selain itu, suhu kompor induksi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan memasak dan stabil. Sehingga proses memasak menjadi lebih cepat dan tak perlu menunggu terlalu lama.

“Yang jelas, kompor induksi itu tidak ada emisi CO2, artinya ramah lingkungan,” katanya.

Pihaknya bersama dengan PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) saat ini tengah mengampanyekan gerakan penggunaan satu juta kompor induksi.

Gerakan satu juta kompor induksi ini diluncurkan oleh PLN dalam rangkaian hari listrik nasional ke-75 pada Selasa (27/10/20) yang lalu guna mendukung kemandirian dan ketahanan energy nasional.

Konversi dari kompor elpiji ke kompor induksi akan menghemat anggaran subsidi elpiji yang telah dianggarkan sebesar Rp. 50,6 triliun pada APBN 2020. Selain itu, konversi ini juga meningkatkan ketahanan energi nasional karena mengubah penggunaan energi berbasis impor menjadi energi berbasis lokal.

Penggunaan kompor induksi ini dinilai lebih efisien. Hasil kajian laboratorium Institut Teknologi PLN menunjukan, bahwa untuk memasak satu liter air dengan menggunakan kompor induksi daya 1.200 watt memerlukan biaya sebesar Rp. 158,- sementara dengan kompor elpiji tabung 12 kg sekitar Rp. 176,-.

“Saya mengajak Ibu-Ibu sekalian, mari beralih menggunakan kompor induksi,” ujar Melati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *