Margarin VS Mentega: Apabedanya?

by
Filma adalah produk minyak goreng dan margarin milik Sinar Mas Agribusiness and Food. Terbuat dari minyak sawit yang diproduksi berkelanjutan, Filma adalah merk terpercaya bagi keluarga Indonesia untuk memasak dan membuat kue.

Jakarta, Demokrasibabel.com – Margarin dan mentega – kedua bahan makanan ini sering digunakan dengan cara yang sama; untuk dioleskan di atas roti, menggoreng telur, membuat panekuk, membuat kue dan lainnya. Tetapi, tahukah Anda perbedaan di antara keduanya? Jika Anda gemar memasak atau bekerja di industri makanan, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan perbedaannya. Namun, bagi konsumen awam, mungkin sulit untuk membedakannya; khususnya bagi orang Indonesia pada umumnya, karena kita lebih sering menggunakan minyak goreng dari pada margarin atau mentega.

Perbedaan yang paling jelas adalah margarin berbahan dasar lemak nabati dan sering dikonsumsi oleh para vegan, vegetarian, mereka yang suli tmencerna laktosa, dan mereka yang ingin beralih ke pola makan berbahan dasar tanaman, sedangkan mentega terbuat dari lemak hewani.

Untuk beberapa jenis masakan, penggunaan mentega akan menghasilkan makanan yang lebih kaya rasa. Namun, penggunaan margarin untuk membuat makanan juga tidak kalah lezatnya. Saat ini, margarin banyak digunakan untuk membuat olahan kue basah, kue kering, maupun sajian lezat lainnya. Selain rasanya yang gurih, harga margarin juga jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan mentega. Selain itu, walaupun sama-sama bahan untuk membuat makanan yang lezat, mentega mengandung lemak jenuh tiga kali lipat dibandingkan margarin. Oleh karena itu, para konsumen harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi mentega agar terhindar dari meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh kita. Konsumsilah segala sesuatu dengan seimbang!

Produk margarin relatif mudah didapatkan di tengah masyarakat, beberapa nama yang sudah tidak asing lagi seperti FILMA ataupun Palmboom yang merupakan produk dari Sinar Mas Agribusiness and Food. Produk ini dapat ditemukan mulai dari toko kelontong, mini market, hingga supermarket di seluruh Indonesia. Produk margarin seperti Filma dan Palmboom, telah memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia selama puluhan tahun, dan membantu konsumen menyiapkan makanan yang lezat, bergizi, dan berkualitas tinggi agar dapat dinikmati semua orang. Selain itu, produk margarin FILMA dan Palmboom hanya menggunakan buah sawitter baik dari kebun yang berkelanjutan.

“Bahandasar pembuatan margarin khususnya di Indonesia banyak terbuat dari minyak kelapa sawit. Minyak sawit berbentuk semi padat pada suhu ruangan, sehingga cocok untuk pemakaian umum dalam makanan. Minyak ini dapat diproses tanpa hidrogenasi sehingga tidak menghasilkan lemak trans yang berbahaya bagi tubuh,” jelas Dr. Paul Wassell, Kepala Penelitian dan Pengembangan, Sinar Mas Agribusiness and Food.

Paul menambahkan, Margarin yang berbahan dasar kelapa sawit memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak kelapa sawit kaya akan beta-karoten, dan merupakan prekursor Vitamin A serta tokotrienol. Di samping itu, minyak sawit mengandung tokoferol dan tokotrienol, yang merupakan komponen antioksidan Vitamin E. Kandungan tersebutakan bermanfaat sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan yang mengkonsumsinya.

Untuk membantu memahami lebih jauh mengenai perbedaan mentega dan margarin, berikut adalah informasi selengkapnya :

MentegaMargarin
Bahan dasarLemak hewani; biasanya terbuat dari susu sapi, kambing, domba atau kerbauLemak nabati; biasanya terbuat dari ekstrak minyak sawit, biji rapa, biji bunga matahari, kanola, alpukat
WarnaKuning pucatKuning terang
TeksturLebih lunak dan mudah mencair pada suhu ruang (32-35° Celsius). Harus disimpan di lemari pendingin.Lebih padat dan cenderung tidak cair pada suhu ruang (33-43° Celsius). Tidak perlu disimpan di lemari pendingin.
WangiKuatRingan. Namun, margarin bermanfaat serbaguna & menyerap rasa dengan baik. Margarin dapat dibuat dengan cita rasa persis seperti mentega.
Total kandungan lemak (jenuh)Sekitar 60%Lebih rendah dari mentega, berkisar 10-50% tergantung jenis minyak nabati yang digunakan, aplikasi pada makanan tertentu, dan kadar air.
Penggunaan umumBahan dasar pembuatan kue, roti, pastry, dan banyak lagiSama dengan mentega. Juga bisa digunakan untuk menggoreng dan menumis. Sering kali menjadi bahan makanan alternatif bagi vegan, vegetarian, atau mereka yang sulit mencerna laktosa.

Sinar Mas Agribusiness and Food memproduksi margarin berbasis minyak sawit baik untuk produksi makanan berskala industri – memasok margarin ke toko roti serta produsen makanan lainnya – maupun untuk konsumen yang memasak di rumah setiap hari. Simak lebih lanjut rangkaian produk minyak sawit Sinar Mas Agribusiness and Food di sini.

Saat ini manfaat kesehatan yang terkandung dalam margarin juga berperan penting dalam menentukan permintaan produk di tengah konsumen yang semakin sadar akan kesehatan. Salah satu contoh adalah menghilangkan lemak trans pada setiap produk yang dihasilkan olehSinar Mas Agribusinss and Food, sehingga kualitas produk dan keamanan produk bisa lebih baik lagi.

Jadi, jika suatu saat Anda berada di supermarket dan mempertimbangkan akan membeli margarin atau mentega, semoga tulisan ini dapat membantu Anda menentukan pilihan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi selengkapnya tentang minyak sawit, nutrisi, dan makanan, dapat Anda baca di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *