Listrik Masa Depan, GM PLN Babel Beri Kuliah Umum di UBB

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (UIW Babel), Amris Adnan memberikan kuliah umum dengan mengusung tema “Kelistrikan Bangka Belitung Saat Ini dan Masa Depan” di Balai Besar Peradaban Rektorat Universitas Bangka Belitung, Selasa (22/06).

Kuliah umum diikuti para mahasiswa dan dosen Universitas Bangka Belitung, dengan moderator Dekan Fakultas Teknik, Wahri Sunanda.

Diungkapkan Amris, pertumbuhan demand listrik di Indonesia diproyeksikan akan tumbuh sekitar 5% per tahun. Sementara di Bangka Belitung sendiri hingga Mei 2021 pertumbuhan listriknya merupakan tertinggi di Indonesia yaitu sebesar 9,45%. Disusul dengan Sumatera Barat (6,68%), Kalimantan Barat (6,37%), Maluku (6,34%), dan Jawa Barat (6,29%).

“Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mencapai Tingkat Rasio Elektrifikasi sampai dengan 99,98%, itu menandakan bahwa hampir semua rumah tangga sudah berlistrik,” jelas Amris pada awal sesi pembuka kuliah.

Amris menerangkan bahwa kedepannya, sistem ketenagalistrikan PLN akan memberikan lebih banyak peran yang sangat penting dalam berbagai bidang dan menggabungkan banyak teknologi dalam implementasinya.

“Untuk saat ini, di Bangka sedang melakukan proses pemasangan kabel laut Sumatera-Bangka yang terpasang sebanyak 3 jalur kabel laut, ditargetkan beroperasi pada akhir 2021. Dengan adanya kabel laut ini, diharapkan akan bermanfaat untuk meningkatkan daya mampu sistem kelistrikan Bangka di masa yang akan datang,” ungkap Amris.

Disamping itu, juga disampaikan tentang tren penggunaan green energi di Bangka Belitung , baik disisi pembangkitan dengan mengembangkan PLTBn (Bio Nabati), PLTBm (Bio Massa) dan disisi penggunaan dengan penggunaan motor listrik yang bebas polusi udara dan polusi suara.

Selain memberi kuliah umum, Amris juga menjelaskan aplikasi PLN Mobile, sebagai platform digital unggulan untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan, memberi kemudahan serta pengalaman layanan Iistrik yang berbeda.

Materi tentang peran serta PLN UIW Babel dalam kegiatan sosial berupa kegiatan CSR yang membantu mengembangkan kegiatan UMKM serta dukungan PLN Babel untuk perlindungan binatang langka khas Babel juga dipaparkan.

Lebih dari itu, Wakil Rektor III Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama, Riwan Kusmiadi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada GM PLN Babel yang telah memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN atas sharing ilmu dan pengetahuannya, mudah-mudahan ilmu yang diberikan dapat diserap dan harapan kedepannya muncul ide-ide untuk memperkaya ilmu terutama pada bidang kelistrikan,” ujar Riwan.

Kontak Person
Tri Putra Septa
Manager Komunikasi PLN UIW Babel
Telp: (0717) 439300
Facs: (0717) 439600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *