Lewat Bu Disa, Pemkab Bangka Akan Sulap Lahan Eks Tambang

by
Bupati Bangka,Mulkan SH,MH (tengah) saat melakukan presentasi Sinovik Top 45 Abang Timah untuk Budidaya Padi Sawah (Bu Disa) dirumah Dinas Bupati Bangka, Senin (13/07)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka akan menyulap lahan eks tambang yang ada di daerah Kabupaten Bangka menjadi lahan pertanian lewat budidaya padi sawah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangka, Mulkan SH,MH saat melakukan presentasi Sinovik Top 45 Abang Timah untuk Budidaya Padi Sawah (Bu Disa) di rumah dinas Bupati Bangka, Senin (13/07).

Dalam presentasinya Bupati Mulkan mengatakan lahan eks tambang tersebut seluas 8 Ha yang ada diwilayah Matras Sungailiat dan akan dikelola untuk budidaya padi sawah.

“Kemudian untuk lahan eks tambang lainnya yang tersebar di 6 Kecamatan daerah Kabupaten Bangka dengan luas 575,3 Ha juga akan ditanami dengan tanaman pangan, buah buahan serta sayuran,”katanya

Bupati berharap, lewat pemanfaatan lahan eks tambang ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi daerah Kabupaten Bangka tentunya

“Karena telah terbukti akan ketahanan pangan daerah Kabupaten Bangka ini akan mengalami kenaikan dari angka presentase 16,3 persen menjadi 19,2 persen,”imbuhnya.

Atas presentasi yang disampaikan Bupati Bangka diapresiasi kan oleh tim panelis yang menguji aplikasi Abang Timah untuk Bu Disa yang masuk Top inovasi 45 di Kemenpan RB.

Pasalnya, inovasi yang dipresentasikan dianggap sebuah solusi terkait pemanfaatan lahan eks tambang dianggap selama ini menjadi lahan tidur.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri tim panelis yang menguji yakni Dadan S Suharna Wijaya dari unsur media dan Prof DR.R Siti Zuhro dari LIPI serta didampingi Kepala Bapeda Bangka,Kadinpertan Bangka dan Kabag Organisasi Setda Bangka. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *