Kunjungi Pangkalpinang Didampingi Rudianto Tjen, Ini Rangkaian Kegiatan Ketua DPR RI Puan Maharani

by

PANGKALPINANG, DEMOKRASIBABEL.COM – Ketua DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) Puan Maharani mengunjungi Kota Pangkalpinang dalam rangka kunjungan kerja ke Bangka Belitung, Senin (20/6).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, yang didampingi oleh Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung Ir. Rudianto Tjen bersama jajaran pengurus PDI-P Bangka Belitung serta Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Tiba di Kota Pangkapinang, Ketua DPR RI Puan Maharani langsung meresmikan Gedung Poliklinik rawat jalan RSUD Depati Hamzah.

Puan mengatakan bahwa negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat terkait masalah kesehatan. Hal ini sesuai dengan konstitusi setiap warga negara berhak untuk memperoleh layanan kesehatan yang merupakan hak asasi manusia. 

Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP ini pun mengingatkan  bahwa bangkitnya perekonomian di suatu negara atau suatu daerah dapat diraih jika kondisi kesehatan di wilayah tersebut mengalami kondisi kesehatan yang baik.

“Sudah menjadi tugas negara untuk hadir. Setelah dua tahun lebih kita hadapi pandemi Covid. Dan ini menjadi persoalan utama. Bagaimana perekonomian mau maju?“ kata Puan saat meresmikan gedung poli klinik rawat jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, Senin (20/6).

Puan mengingatkan juga pentingnya sarana serta akses kesehatan kepada masyarakat. Adanya RSUD Depati Hamzah yang tidak hanya melayani masyarakat dari Kota Pangkalpinang saja, tetapi juga melayani pasien dari daerah di Pulau Bangka menunjukkan bahwa pemerintah telah berusaha memfasilitasi masyarakat dengan kesehatan yang lebih baik dan mumpuni.

“Awalnya di RSUD ada 13 poli yang terpisah-pisah termasuk pendaftarannya. Sekarang sudah terpadu poli kliniknya dan dilengkapi dokter spesialisnya, ruang bersih, higienis dan tenaga kesehatan yang komplit,” ungkapnya.

Putri mantan presiden Megawati Soekarnoputri ini pun meminta semua pihak untuk mendukung keberadaan RSUD Depati Hamzah ini, termasuk mendukung program-program kesehatan yang telah di canangkan oleh pemerintah, seperti pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tidak merokok.

“Kalau rumah sakit nya sepi (RSUD-DH) bukan berarti tidak laku ya. Tetapi ini menjadi indikator jika masyarakat (Pangkalpinang) sehat,” pungkas Puan.

Sapa Pasien Operasi Katarak Oleh Yayasan Rudi Center 

Usai meresmikan Gedung Poliklink rawat jalan RSUD Depati Hamzah, Puan Maharani didampingi Rudianto Tjen langsung membuka kegiatan operasi katarak gratis oleh Yayasan Rudi Center yang bekerjasama dengan PDIP.

Sebanyak 500 lebih pasien operasi katarak gratis yang digelar oleh Yayasan Rudi Center dan DPD PDI Perjuangan, antusias menunggu giliran operasi di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang yang dihadiri langsung oleh Ketua DPR RI, sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, Anggota DPR RI sekaligus Founder Yayasan Rudi Center, Rudianto Tjhen beserta Pj.Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin dan rombongan Forkopimda lainnya.

“Operasi katarak adalah wujud bakti kita untuk negeri, khususnya untuk masyarakat Bangka Belitung yang mengalami gangguan pada matanya,” kata Rudianto Tjhen dalam sambutannya membuka pelaksanaan operasi katarak di Pangkalpinang.

“Untuk teman-teman yang bergabung di PDI Perjuangan, kegiatan ini menjadi semangat perjuangan kita untuk menjadikan masyarakat Babel makmur dan sejahtera, karena dengan menyembuhkan mata mereka kembali melihat indahnya dunia,” ujarnya.

Rudianto mengatakan, kader-kader PDI Perjuangan selalu turun ditengah masyarakat dan program operasi katarak ini salah satu terobosan yang sudah dilaksanakan belasan kali untuk membantu masyarakat.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk membantu teman-teman kita yang kekurangan penglihatan dan untuk membantu masyarakat kita yang kekurangan ekonomi untuk membiayai operasi besar ini,” ujarnya.

Meski sudah dua tahun terakhir tidak dilaksanakan, Menurut Rudianto, mereka yang mendaftarkan diri untuk ikut operasi katarak sangat banyak, mencapai 1.040 orang. Namun setelah di screening hanya 500 an orang yang siap di operasi.

“Mereka yang mendaftar ada 1.040, namun setelah di screening kesehatannya dari gula darah, tekanan darah, hingga saat ini hanya separuhnya saja yang bisa kita operasikan. Semoga operasi ini berjalan lancar agar mereka bisa melihat indahnya dunia,” ujarnya.

Ketua DPR RI, Puan Maharani turut menyapa para pasien dan keluarganya sembari bertanya asal usul bisa ikut operasi katarak gratis yang digelar oleh Yayasan Rudi Center dan DPD PDI Perjuangan. 

“Kegiatan ini bakti untuk masyarakat dari PDI Perjuangan, karena dari kader kita yang di bawah sampai kader-kader yang duduk di legislatif dan eksekutif turut berpartisipasi di operasi ini,” kata Puan Maharani.

Puan menambahkan, PDI Perjuangan terus membutuhkan dorongan dan dukungan semangat agar kegiatan seperti ini bisa terus di laksanakan sehingga benar-benar  bermanfaat untuk rakyat.

“Dengan bergotong royonglh kita memajukan Indonesia dan dengan bergotong royonglh kita beri kesehatan untuk rakyat Indonesia,” ujarnya.

Puan Maharani buka Seminar Nasional Pemikiran Bung Soekarno dan Pancasila

Setelah membukan kegiatan operasi katarak gratis, Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani membuka Seminar Nasional Pemikiran Bung Soekarno dan Pancasila yang diikuti 300 orang mahasiswa lebih di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (20/6).

“Saya tidak berkampanye politik, tetapi ini sudah saya lakukan dari dadulu bukan karena menjelang mau kampanye,” kata Puan Maharani saat membuka Seminar Nasional Pemikiran Bung Karno dan Pancasila di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan apa yang menjadi cita-cita Bung Soekarno belum selesai, bagaimana Indonesia sejahtera, tidak terpecah belah, Indonesia yang menjadi satu kesatuan bagi bangsa dan negaranya kedepannya.

“Saya sampaikan kepada para mahasiswa peserta seminar ini, jangan sampai kita lepas dari jati diri. Kalian asalnya dari mana dan bangun tempat tersebut, jadi jangan berfikir dan tidak punya mimpi, karena mimpi kita itu akan menjadi seperti apa,” ujarnya.

Menurut dia sebagai Ketua DPR RI yang melakukan kunjungan kerja ke seluruh Indonesia, sebagai tekad menjadi satu bagian kecil bagaimana ikut membangun Indonesia bersama masyarakat.

“Mungkin tuhan memberi saya amanah untuk bisa menjadi bagian kecil untuk berkontribusi membangun bangsa ini menjadi lebih bagus, sejahterah dan baik,” katanya.

Ia menyakini tuhan tetap akan memberikan apa yang menjadi takdir. Oleh karena itu, adik-adik mahasiswa harus tetap semangat dan harus mau bermimpi untuk menjadi bagian kecil untuk membangun bangsa ini.

“Kita mengimplentasikan Pancasila dengan cara masing-masing. Benar pemikiran Bung Soekano tentang Pancasila ini sebagai pemersatu, semangat gotong royong untuk membangun bangsa ini,” katanya.

Puan Maharani Sambangi Destar Point

Tidak ketinggalan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dr. (H.C) Puan Maharani sambangi pusat kuliner dan souvenir khas Bangka Belitung Destar Point dalam rangkaian Kunjungan Kerja ke Bangka Belitung, Senin (20/06). 

Wali Kota Pangkalpinang, Dr. H. Maulan Aklil turut mendampingi Puan Maharani bersama rombongan. Selain itu, Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung Ir. Rudianto Tjen bersama jajaran pengurus PDI-P Bangka Belitung juga turut mendampingi. 

Rumah Bunda menjadi gerai pertama yang ia kunjungi di Destar Point. Tampak Puan Maharani melihat-lihat hingga memilih beragam aksesoris, batik, cual dan kerajinan lokal Bangka Belitung lainnya. 

Sebelum menuju rangkaian agenda selanjutnya, Puan Maharani menyempatkan diri untuk mengelilingi Destar Point hingga ke lantai dua. Ia juga menjadi incaran ibu-ibu warga Kota Pangkalpinang untuk bersua foto dan berbincang-bincang santai.

Destar Point merupakan sentra kuliner dan oleh-oleh khas Bangka Belitung yang selesai dibangun pada awal tahun 2022 oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang. Destar Point beroperasi pada bulan Juni 2022 dengan bangunan bertingkat dan berderet disepanjang Jalan Soekarno Hatta atau tepat didepan BB Tower.(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.