Kunjungi Pabrik Sagu PT BAA, Kepala BNPB Pusat : Sagu Itu Sehat Untuk Semua

by
Kepala BNPB Pusat bersama rombongan mengunjungi PT BAA Kelurahan Kenanga Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (18/03)

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Kepala Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) Pusat bersama rombongan mengunjungi pabrik sagu/tapioka PT. Bangka Ashindo Agri (BAA) Kelurahan Kenanga Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (18/03).

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPB Pusat, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan produk sagu tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pula menunjukan akan persaingan terhadap produk sagu. Karena tidak semua Negara memiliki pohon sagu.

“Seperti di Kepulauan Babel ini banyak kegiatan perekonomiannya dari tambang timah. Dimana biji timah semakin hari semakin susah didapat dan semakin habis serta sering terjadi dampak kerusakan ekosistem dan sebagainya,” katanya saat memberi sambutan.

Dikatakannya,sepanjang perjalanan ke Pulau Bangka ini, banyak sekali pohon sagu. Pohon sagu cukup ditanam sekali saja dalam seumur hidup, karena pohon tersebut cepat beranak pinang. Dan dapat dipanen sekitar 8 sampai 10 tahun kedepan.

“Dimana pohon sagu juga dapat menyelamatkan lingkungan dan ekosistem serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu lahan tambang-tambang timah yang sudah dikelolah, kiranya dapat ditanami dengan pohon sagu. Karena 10 tahun kedepan masyarakat akan dapat memanen nya,” ujarnya.

Selain itu, dengan teknologi saat ini, sangat banyak anak-anak dalam negeri memproduksi tepung sagu dan mengelolahnya menjadi produk mie. Dan mie itu 100 persen terbuat dari sagu dan 100 persen impor.

“Jadi dengan membudidaya pohon tersebut, tentunya dapat meningkatkan kehidupan ekosistem dan perekonomian masyarakat serta tidak lagi ketergantungan dengan tambang timah. Sagu itu sehat untuk semua dan tidak ada mengandung bahan kimia. Mudah-mudahan sagu akan menjadi salah satu bagian dari program pangan nasional,” pungkas Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo.

Sementara itu, Direktur utama PT.BAA, Abo sangat senang menyambut kedatangan Kepala BNPB Pusat beserta rombongan dan ini merupakan sebuah surpres.

“Kunjungan Kepala BNPB Pusat ini tentunya akan memberikan semangat lebih untuk meningkatkan ketahanan pangan lokal yang berbasis singkong dan sagu ini,” katanya saat diwawancarai sejumlah wartawan.

Dikatakannya, sagu di Bangka ini merupakan salah satu produk hilir yang inovatif dan sudah mulai dikenal ditingkat Nasional. Dimana sudah ada beberapa produk hilir yang sedang Kita kembangkan bersama UMKM Bangka.

“Bangka bukan produsen sagu terbesar, tetapi produsen sagu terinovatif, paling inovatif dan paling kreatif. Produk Sago mee sudah merambah diberbagai Manca Negara, seperti Malaysia dan luar negeri lainnya,” ujar Abo.

Dihadiri Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan, Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Kapolres Bangka, AKBP Widi Hartawan, Staf ahli Bupati, Zulkarnain Idrus, Danlanal Babel, Dandim. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *