Kodim 0432/Bangka Selatan Gelar Karya Bakti Bersama Masyarakat untuk Pencegahan Banjir dan Kebersihan Lingkungan

by

Toboali, Demokrasibabel.com – Dalam upaya pencegahan banjir dan menjaga kebersihan lingkungan, Kodim 0432/Bangka Selatan menggelar Karya Bakti TNI dan masyarakat setempat. Kegiatan ini, yang melibatkan 250 personel gabungan, difokuskan pada pembersihan saluran air di sisi jalan kampung Rawa Bangun dan Kampung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan pada Sabtu (9/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh dan pejabat, antara lain Setda Basel Heppy Nuranda, Asisten I Pemerintah Kesra Sumindar S.Pd.M.M.M.Si, Kasdim 0432/Basel Frengky Triwibowo, Jaksa Fungsional Bidang Pidsus Muhammad Aulia Ibrahim, SH, Kasat Polairud Sadai Iptu Eddy, Lurah Toboali Susanto, serta Ketua Persit KCK Cabang LVI Nyo Anita Gani Rachman.

Dandim 0432/Basel, Letkol Inf Gani Rachman, memimpin jalannya Karya Bakti TNI dengan memfokuskan pada pembersihan saluran air di kampung Rawa Bangun dan Kampung Ketapang. Pendangkalan saluran air yang rawan banjir saat musim hujan menjadi perhatian utama, dan kegiatan ini dilakukan bersama Polri, instansi terkait Pemkab Basel, dan melibatkan masyarakat setempat.

Letkol Inf Gani Rachman menyampaikan bahwa kegiatan Karya Bakti TNI merupakan serbuan teritorial yang dilaksanakan selama dua hari sebelumnya, dan saat Sabtu (9/12/2023) menjadi puncaknya. Ia menekankan pentingnya gotong royong sebagai sarana komunikasi sosial langsung antara TNI dan masyarakat.

“TNI selalu bersatu dengan masyarakat dan siap membantu bagi yang membutuhkan. Kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu sarana komunikasi sosial secara langsung dan lebih efektif antara TNI dengan Rakyat,” ujar Letkol Inf Gani Rachman.

Dalam keterangannya, Plh Setda Basel Heppy Nuranda menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati yang tidak dapat hadir langsung, namun mengapresiasi inisiatif dari Kodim 0432/Basel dalam kegiatan Karya Bakti ini. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Dandim dalam rangka pencegahan banjir dan penyakit akibat sampah di saluran-saluran.

Ketua Persit KCK Cabang LVI Nyo Anita Gani Rachman menyampaikan terima kasih kepada seluruh instansi yang mendukung kegiatan karya bhakti selama tiga hari ini. Sementara itu, Lurah Toboali, Susanto, mengucapkan salam dari warga Toboali dan berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan.

Karya Bakti ini bukan hanya sebagai upaya konkret dalam menjaga lingkungan, namun juga sebagai wujud nyata kebersamaan antara TNI, masyarakat, dan pemerintah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di wilayah Toboali, Bangka Selatan.(Johan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.