Kodim 0413/Bangka Berhasil Meraih Juara 2 Dalam Lomba Kampung Pancasila Kasad Award

by

Jakarta, Demokrasibabel.com – Kampung Pancasila Kodim 0413/Bangka yang terletak di Desa Beluluk Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah berhasil meraih prestasi Juara 2 pada Lomba Kampung Pancasila Kasad Award Kategori Kota Tahun 2023.

Pemberian Penghargaan Kasad yang diselenggarakan di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, hari Jumat malam (8/12/2023) tersebut merupakan hasil proses penilaian yang cukup panjang selama 3 bulan, dimulai dari penilaian tingkat Korem, Kodam, kemudian tingkat Pusat TNI AD secara online per Zona hingga akhirnya masuk babak final dengan dilaksanakannya penilaian langsung di lapangan oleh Tim Penilai Pusat. Adapun Tim Penilai itu sendiri merupakan gabungan dari Tim Mabesad, BPIP dan PT Astra International Tbk.

Acara Penerimaan Penghargaan Kasad Lomba Kampung Pancasila tersebut juga dipadukan dengan Acara Dialog Kebangsaan yang dipimpin langsung oleh Kasad dan dihadiri para pejabat tinggi jajaran TNI AD serta para Kepala Daerah/Bupati, Dandim dan Babinsa peraih nominasi juara. Acara tersebut juga semakin bernilai strategis dengan hadirnya para tokoh sesepuh bangsa Indonesia, seperti mantan Wapres ke-6 RI, Jenderal TNI (Purn)Try Sutrisno. Para tokoh agama, tokoh budaya, serta pejabat tinggi negara seperti Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., dan Wantimpres bapak Muhammad Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi) serta Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Whisnu Bawatenaya juga menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam acara tersebut setelah disampaikan beberapa Kodim yang masuk nominasi baik kategori Desa maupun Kota, kemudian dilaksanakan pengumuman para peraih Juara 1, 2 dan 3 per kategori. Adapun Kodim 0413/Bangka diumumkan resmi sebagai Juara 2 Kategori Kota dengan Kodim 1609/Buleleng sebagai Juara 3 dan Kodim 1705/Nabire berhasil meraih Juara 1. Sedangkan untuk kategori Desa urutannya yaitu Kodim 0208/Asahan (1), Kodim 1421/Pangkep (2) dan Kodim 1508/Tobelo (3).

Kampung Pancasila itu sendiri merupakan salah satu program yang diinisisasi oleh TNI AD bersama stakeholder terkait dengan tujuan untuk menciptakan miniatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang benar-benar berlandaskan falsafah Pancasila dimana menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam butir-butir sila Pancasila. Oleh karena itu indikator penilaian Lomba Kampung Pancasila Kasad Award ini juga benar-benar berdasarkan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam butir-butir sila Pancasila serta berbagai inovasi atau kreatifitas guna memperkuat nilai-nilai Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.