KIP Terdampar Dipantai Matras Jadi Tontonan

by

SUNGAILIAT, DEMOKRASIBABEL.COM – Satu unit Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT. Timah tbk terdampar dipinggir talut (batu pemecah gelombang) Pantai Matras, Kelurahan Matras Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (02/01).

Terdamparnya KIP Mega Fajar ini diduga tali jangkar kapal putus hingga menyebabkan hanyut ke pinggir talut pantai. Dan lambung KIP tersebut mengalami kerusakan parah, dimana bagian depan kapal terendam air. Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian ditafsirkan mencapai ratusan juta rupiah.

Salah satu nelayan setempat, David mengatakan terdamparnya KIP terjadi sekitar pukul 03:00 WIB. Dimana saat itu kapal sedang beraktivitas melakukan penambangan timah di perairan laut pantai Matras.

“Secara tiba-tiba kapal sudah menghantam batu talud pemecah ombak,” katanya.

Dengan demikian, nelayan setempat meminta kepada pihak terkait untuk segera melakukan evakuasi kapal dari lokasi. Sehingga aktivitas lalu lalang perahu nelayan tidaklah terganggu.

“Apalagi mengingat kondisi dipesisir pantai saat ini ada tumpahan minyak yang tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas para nelayan,” ujarnya.

Terpantau, Sabtu (02/01) siang evakuasi terhadap KIP tersebut belum dilakukan, dikarenakan kondisi gelombang laut di pantai Matras cukup tinggi. Dan KIP tersebut saat ini menjadi tontonan nelayan setempat. (Suyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *